Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung melanjutkan langkahnya ke babak 16 besar Olimpiade Paris 2024 dengan menyandang status juara Grup G.

Kepastian itu Gregoria dapatkan setelah memenangkan laga terakhir fase grup atas wakil Ceko Tereza Svabikova melalui dua gim langsung 21-12, 21-18, pada pertandingan yang digelar di Porte De La Chapelle Arena, Rabu.

Gregoria mengawali gim pertama dengan tampil cukup tenang dan cukup nyaman, namun Svabikova mampu mengejar perlahan dengan pengembaliannya yang cukup tangguh dan beberapa kali mengejutkan Gregoria.

Hal itu pun sempat membuat wakil Indonesia kesulitan untuk menemukan pola permainan yang tepat dan Svabikova merebut interval gim pertama dengan skor tipis 11-10.

Selepas turun minum, Gregoria terlihat sudah menemukan strategi dan pukulan-pukulan yang tepat untuk mematikan langkah lawan. Hal itu terbukti dengan Gregoria yang meraih tujuh poin beruntun sejak interval dengan skor 17-11.

Semakin percaya diri, Gregoria tidak mengendurkan fokus dan mempertahankan momentumnya. Gim pertama pun direbut oleh Gregoria dengan skor 21-12.

Awal gim kedua dibuka dengan lima poin beruntun dari Svabikova, sementara Gregoria belum meraih satu pun angka.

Tidak jatuh dalam tekanan, Gregoria yang turun sebagai unggulan ketujuh dalam kejuaraan ini juga mengumpulkan lima poin berturut-turut dan mempersempit margin ketertinggalannya dari lawan.

Skor pun berimbang 5-5, 7-7, dan Gregoria akhirnya unggul tipis 8-7. Interval gim kedua kemudian diamankan oleh sang finalis Piala Uber 2024 dengan skor tipis 11-10.

Baca juga: Jonatan tak lolos ke 16 besar Olimpiade Paris 2024

Setelah jeda singkat, Gregoria masih memegang kendali permainan dan keunggulan sementara atas wakil Ceko.

Namun, Svabikova berhasil menyamakan kedudukan 15-15, bahkan merebut keunggulan tipis 17-15.

Gregoria tampil dengan tenang di angka krusial dengan skor 17-17, hingga pada akhirnya ia mengunci kemenangan gim kedua 21-18 dan menjadi wakil kedua Indonesia yang lolos ke babak utama bulu tangkis Olimpiade Paris 2024.

Gregoria mengikuti jejak ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang memastikan tempat mereka di babak perempat final, di mana mereka bakal berhadapan dengan unggulan pertama Liang Wei Keng/Wang Chang (China).

Masih ada satu wakil Indonesia lainnya yang berlaga hari ini pada babak penyisihan grup, yaitu tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting yang akan bertemu dengan wakil tuan rumah Toma Junior Popov.

Baca juga: Jonatan akui kecewa dengan penampilannya di laga terakhir
Baca juga: Duo saudara kandung curi perhatian di bulu tangkis Olimpiade Paris


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024