supaya tidak membahayakan pengendara
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Sudin Tamhut) Jakarta Barat memangkas sejumlah pohon di Jalan Outer Ring Road Rawa Buaya, Cengkareng untuk menindaklanjuti laporan warga.

Sebanyak enam personel yang diterjunkan langsung memangkas tiga pohon petai cina dan tiga pohon trembesi di kawasan tersebut.

"Pemangkasan pohon atas permintaan warga, karena sudah tinggi, lebat dan juga menutup lampu penerangan jalan umum (PJU)," kata Kepala Sudin Tamhut Jakarta Barat, Romy Sidharta di Jakarta,  Rabu.

Pemangkasan tersebut, kata Romy, dilakukan dengan cara mengurangi beban dahan dan batang untuk menghindari pohon jangan sampai tumbang yang bisa membahayakan pengguna jalan.

"Kami lakukan untuk mengantisipasi pohon tumbang. Dengan pemangkasan pohon ini supaya tidak membahayakan pengendara," ucapnya.

Diketahui delapan kecamatan di wilayah Jakbar memiliki tim pemangkasan pohon masing-masing ditambah dengan dua tim dari tingkat Sudin.

Setelah sebatang pohon dipangkas, biasanya batang pohon tersebut dicacah agar bisa dimasukkan ke  dalam bak truk pengangkut.

Sebelumnya, Romy menyebut pihaknya melakukan pemangkasan berdasarkan hasil patroli dan aduan masyarakat melalui sistem Cepat Respon Masyarakat (CRM).

"Untuk pemangkasan kita sesuai hasil patroli ya dan utamanya juga hasil aduan masyarakat di CRM. Jadi kalau pohon bermasalah di wilayahnya bisa langsung dilaporkan ke CRM," kata Romy di Jakarta, Kamis (18/4).
Baca juga: Jakbar sasar lahan fasos dan fasum untuk ditanami pohon pelindung
Baca juga: Sudin Pertamanan Jaksel tangani 250 pohon tumbang pada Juli 2024
Baca juga: Pemkot Jakpus prioritas kurangi genangan di jalan protokol


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024