Kami sedang mencari solusi, termasuk mengambil air dari titik lain yang berdekatan.
Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta PDAM Tirta Handayani melakukan inovasi pencarian sumber mata air untuk mengatasi penurunan debit sumber mata air, salah satunya di Kalurahan Karang Tengah.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Rabu, mengatakan Kali Oya hingga di pusat sumber mata air yang debitnya 21 liter per detik, sekarang tinggal beberapa liter per detik.

"Kami sedang mencari solusi, termasuk mengambil air dari titik lain yang berdekatan," kata Sunaryanta saat meninjau lokasi sumber mata air di Karang Tengah.

Baca juga: Musim kemarau, distribusi air PDAM Lombok Tengah lakukan bergilir

Ia mengatakan dampak hidrometeorologi ini cukup mengkhawatirkan ketersediaan air bersih bagi masyarakat di wilayah itu.

"Kami bersama PDAM akan memetakan potensi air bersih yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

PDAM dan pemerintah daerah berharap  masyarakat lebih bijak dalam menggunakan air, mengingat kapasitas sumber air yang terbatas.

"Upaya perbaikan terus dilakukan untuk memastikan ketersediaan air bersih bagi seluruh warga di Karang Tengah, Wonosari, dan sekitarnya," katanya.

Baca juga: Pj Wali Kota Bogor minta Perumda Tirta Pakuan tingkatkan kinerja

Direktur PDAM Tirta Handayani Toto Sugiharta mengatakan bahwa mereka sedang berupaya mengatasi masalah ini.

"Kami sedang berusaha mengembalikan debit air dengan memanfaatkan air yang tidak masuk ke grup setting," katanya.

Toto menerangkan penurunan debit air tersebut berdampak pada kualitas layanan air bersih. Namun satu upaya sudah dilakukan dengan pemanfaatan sumber air Bunder.

"Mulai hari ini, kami akan bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat," kata Toto.

Ia mengatakan selama satu bulan terakhir, distribusi air di Karang Tengah dan sekitarnya terganggu, dan PDAM berkomitmen untuk segera memperbaiki situasi ini.

"Penurunan debit air ini diduga akibat perubahan iklim dan penggunaan sumber air yang tidak terkendali," kata Toto.

Baca juga: Pemkab Bandung meraih tiga penghargaan sekaligus dari Australia

Sementara itu, salah satu warga Karang Tengah Paiyo mengatakan warta Karang Tengah, Wonosari dan sekitarnya merasakan gangguan pelayanan air bersih akibat menurunnya debit air yang signifikan dari sumber mata air Gempor di wilayah tersebut.

Ia mengatakan debit air yang dulu besar kini telah berkurang drastis. Mata air ini menjadi salah satu sumber yang dimanfaatkan PDAM Tirta Hanyani.

"Dulu airnya besar, sekarang sudah berkurang. Kami mohon pada Direktur PDAM untuk merawat dan mengoptimalkan sumber air ini agar kesejahteraan masyarakat terjamin," katanya.

Paiyo mengatakan kemungkinan penyebab penurunan debit air, banyaknya pengeboran sumur bor yang dilaksanakan oleh warga serta banyaknya air yang tidak masuk ke bak sentral milik PDAM hingga air terbuang sia sia.

"Dulu saat debit masih besar air sampai keluar dari pipa ini," kata Paiyo.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024