Kami sangat serius untuk mengakselerasi infrastruktur kendaraan listrik di Sumatera Utara,
Medan (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara mengakselerasi pembangunan infrastruktur kendaraan listrik dengan terus menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di wilayahnya.

"Kami sangat serius untuk mengakselerasi infrastruktur kendaraan listrik di Sumatera Utara," ujar General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto di Medan, Rabu.

Saleh menyebut, akselerasi tersebut harus dilakukan demi menjawab kebutuhan kendaraan listrik masyarakat yang semakin meningkat.

Baca juga: PLN pasang dua unit SPKLU di RS Bangli Dia menegaskan, PLN UID Sumut siap bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan swadaya untuk menghadirkan SPKLU tersebut.

Terkini, PLN menggandeng salah satu restoran untuk menghadirkan satu SPKLU di Medan yang diresmikan pada 8 Juli 2024, berlokasi di Jalan Kapten Patimura Nomor 423.

Dengan begitu, sudah terdapat dua SPKLU swadaya di Medan. SPKLU lainnya sudah ada sejak akhir Januari 2024 yang berlokasi di sebuah hotel swasta di Jalan Jenderal Sudirman.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan Ricki Yakop menyatakan, di luar dua SPKLU tersebut, PLN Sumut telah membangun empat SPKLU di Medan untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik dalam melakukan pengisian daya.

“Ekosistem kendaraan listrik semakin masif di Medan,” tutur Ricki.

Sampai saat ini, PLN UID Sumut total memiliki 14 SPKLU yakni SPKLU Medan Kota, SPKLU City View, SPKLU Amir Hamzah, SPKLU Binjai, SPKLU Tebing Tinggi, SPKLU Rantauprapat, SPKLU Pematang Siantar, SPKLU Medan Baru, SPKLU Sibolga SPKLU Terminal Amplas, SPKLU Balige, SPKLU Berastagi, SPKLU Parapat dan SPKLU Pangururan.

Baca juga: Pengelola Tol Cipali optimalkan pengoperasian SPKLU di tujuh rest area Sepanjang  2023, terjadi total 1.149 kali transaksi di seluruh SPKLU PLN UID Sumut atau meningkat 53 persen dibandingkan tahun 2022, yakni sebanyak 748 kali transaksi. Adapun jumlah konsumsi listriknya sebesar 44.522,12 kilowatt-hour (kWh).

PLN UID Sumatera Utara menargetkan keberadaan 29 SPKLU sampai September 2024 dengan tambahan 15 SPKLU anyar.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024