Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengingatkan Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut di wilayah Aceh agar menempatkan sumber daya manusia terbaik dalam mengurus acara pembukaan pesta olahraga nasional itu.

“Tolong supaya mereka yang mengerjakan ini adalah orang-orang terbaik. Intinya kita berikan yang terbaik,” ujar Dito dalam pertemuan dengan Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah selaku Ketua PB PON Aceh-Sumut wilayah Aceh beserta jajaran di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, upacara pembukaan PON yang akan berlangsung pada 8 September memiliki nilai penting dalam kompetisi olahraga multievent empat tahunan tersebut.

Oleh sebab itu, semua persiapan harus dimatangkan dan dilakukan dengan kehati-hatian dengan menempatkan orang-orang terbaik pada bidangnya masing-masing dalam mengawal jalannya PON sejak upacara pembukaan.

"Saya minta hati-hati dan tolong semua perencanaan dikomunikasikan dengan pemerintah pusat," ujarnya.

Baca juga: Mengintip kesiapan Sumut sambut PON XXI 2024
Baca juga: Sudah 14.000 orang mendaftar jadi relawan PON 2024

Dito mengatakan akan terus mengawal dan memberikan dukungan berkaitan tahapan-tahapan persiapan PON yang pertama kalinya digelar di dua provinsi.

Pihaknya menunggu konsep besar pelaksanaan upacara pembukaan yang akan dikoordinasikan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Sementara itu, Ketua Umum PB PON XXI wilayah Aceh Bustami Hamzah menyampaikan pihaknya terus memastikan pelaksanaan PON di Aceh berjalan dengan lancar, terutama upacara pembukaan.

“Pada prinsipnya kami hari ini melaporkan semua persiapan terkait upacara pembukaan. Mulai dari kedatangan di bandara, semua kami pastikan kesiapan," ujarnya.

PON 2024 Aceh-Sumut akan diselenggarakan pada 8-20 September mendatang. Ajang tersebut berlangsung di dua provinsi yaitu Aceh sebanyak 33 pertandingan cabang olahraga dan Sumatera Utara 34 cabang olahraga.

Baca juga: PB PON Sumut perkuat aplikasi berpaut PON XXI 2024
Baca juga: PB PON Sumut bermitra dengan LPDUK mengelola dana sponsor PON 2024


Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024