Kami menargetkan akses jalan laik menuju tempat wisata di Cianjur, termasuk menuju obyek wisata pantai selatan mulai dari pantai Apra, Sereg, Jayanti, Cemara dan Lugina, sehingga memudahkan wisatawan untuk sampai
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, membangun sarana dan prasarana penunjang, termasuk infrastruktur jalan menuju obyek wisata pantai yang banyak terdapat di pesisir selatan guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan dengan target 2 juta per tahun.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Rabu, mengatakan, pembangunan sarana dan prasarana penunjang obyek wisata di sepanjang pantai selatan telah dilakukan sejak satu tahun terakhir dengan target dapat tuntas sebelum akhir tahun.

"Sehingga saat libur akhir tahun angka kunjungan wisatawan dari berbagai daerah hingga luar negeri dapat meningkat ke pantai selatan Cianjur, termasuk untuk menarik investor yang dapat menanamkan investasi-nya di bidang pariwisata," katanya.

Pembangunan sarana penunjang seperti infrastruktur jalan guna memudahkan wisatawan untuk sampai akan disertai dengan penataan pantai sepanjang 75 kilometer yang membentang di tiga kecamatan seperti Cidaun, Sindangbarang, dan Agrabinta dengan melibatkan warga sekitar.

Sehingga saat penataan tuntas pengelolaan dapat diserahkan pada warga sekitar atau kelompok sadar wisata di masing-masing kecamatan dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian warga di pesisir selatan Cianjur.

"Cianjur kaya dengan obyek wisata mulai dari pantai terpanjang di Jabar, air terjun, wisata alam, wisata buatan dan wisata lainnya, saat ini pengelolaannya belum tertata rapi sehingga ke depan akan dilakukan pembinaan dan pendampingan dari dinas terkait," katanya.

Bahkan untuk pengembangan lebih cepat, pemerintah daerah membuka peluang bagi investor untuk berinvestasi di bidang pariwisata di wilayah pesisir selatan dengan berbagai kemudahan seperti membuat Peraturan Daerah (Perda) Insentif bagi pelaku usaha yang hendak berinvestasi di Cianjur.

"Kita sudah memiliki Perda Insentif yang memudahkan investor berinvestasi di Cianjur, selain Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang dapat memudahkan investor dalam mengembangkan investasi-nya termasuk bidang pariwisata," katanya.

Dia menambahkan setiap libur akhir pekan dan libur panjang, angka kunjungan wisatawan ke Cianjur meningkat dari 15 ribu orang menjadi 20 ribu orang ke berbagai obyek wisata mulai dari utara hingga selatan Cianjur seiring ditambahnya sarana dan prasarana penunjang terutama akses jalan yang laik.

"Kami menargetkan akses jalan laik menuju tempat wisata di Cianjur, termasuk menuju obyek wisata pantai selatan mulai dari pantai Apra, Sereg, Jayanti, Cemara dan Lugina, sehingga memudahkan wisatawan untuk sampai," katanya.

Baca juga: Pemkab Cianjur libatkan sejumlah dinas kembangkan kampung budaya
Baca juga: Pemkab: Jalur Puncak II menjadi solusi bagi wisatawan menuju Cianjur
Baca juga: Pemkab Cianjur gencarkan promosi wisata aman dan bebas pungli

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024