Kami harap niat baik ini dapat didukung oleh berbagai pihak, sehingga terlaksana penerbangan umrah dengan pelayanan prima.
Banjarmasin (ANTARA) - Manajemen Angkasa Pura I di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), siap memfasilitasi penerbangan langsung jamaah umrah sejalan dengan rencana pemerintah daerah untuk mewujudkan penerbangan umrah langsung.

"Melalui penerbangan langsung, pelayanan jamaah umrah akan lebih maksimal dengan harapan biaya yang lebih rendah, waktu perjalanan yang lebih cepat, dan layanan yang lebih komprehensif," kata General Manager Bandara Syamsudin Noor Dony Subardono saat acara diskusi bertajuk Rumah Kalsel (Rembuk Umrah Bersama Kalimantan Selatan), di Banjarmasin, Rabu.

Dony mengatakan animo yang tinggi dari masyarakat Kalsel menjadi pemantik bagi pihaknya selaku pengelola bandar udara dalam upaya memberikan pelayanan penerbangan umrah yang aman dan nyaman melalui Bandara Syamsudin Noor.

Dilansir dari data Kementerian Agama Kalsel, tercatat rata-rata sebanyak 60.000 orang jamaah umrah per tahun diberangkatkan dari Kalsel.

Berkaca dari keadaan tersebut, ungkap Dony, geliat pertumbuhan ekonomi berbanding lurus dengan antusiasme masyarakat untuk ke Tanah Suci.

Maka melalui kegiatan diskusi yang diinisiasi manajemen Angkasa Pura I itu, diharapkan dapat diupayakan bersama penerbangan langsung dari Banjarmasin ke Jeddah/Madinah dengan fasilitas maskapai dan penanganan daratnya.

"Kami harap niat baik ini dapat didukung oleh berbagai pihak, sehingga terlaksana penerbangan umrah dengan pelayanan prima," ujarnya.

Sekretaris Daerah Pemprov Kalsel Roy Rizali Anwar menyambut gembira upaya Bandara Syamsudin Noor merealisasikan penerbangan langsung bagi jamaah umrah ke Tanah Suci.

"Ini tentu kabar gembira bagi masyarakat termasuk puluhan pengelola biro umrah se-Kalimantan Selatan yang hadir hari ini lantaran dapat semakin meningkatkan animo untuk beribadah umrah," ujarnya pula.
Baca juga: DAMRI angkut 325 calon haji menuju Bandara Syamsudin Noor
Baca juga: Bandara Syamsudin Noor layani debarkasi perdana 319 haji

Pewarta: Firman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024