Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) baru-baru ini menyampaikan rencana pembentukan panitia khusus untuk mengembalikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke NU.

PKB sebagai salah satu partai politik terbesar dan memiliki peran dalam pemerintahan di Indonesia.
 
PKB memiliki visi dan misi dalam menjalankan roda pemerintahan. Identik dengan NU, PKB selalu berupaya untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Berikut adalah visi dan misi partai PKB:
 
Visi
  • Mewujudkan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia sebagaimana dituangkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945;
  • Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur secara lahir dan batin, material dan spiritual;
  • Mewujudkan tatanan politik nasional yang demokratis, terbuka, bersih dan berakhlakul karimah.
Misi
  • Bidang Ekonomi: menegakkan dan mengembangkan kehidupan ekonomi kerakyatan yang adil dan demokratis;
  • Bidang Hukum: berusaha menegakkan dan mengembangkan negara hukum yang beradab, mampu mengayomi seluruh rakyat, menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia, dan berkeadilan sosial;
  • Bidang Sosial Budaya: berusaha membangun budaya yang maju dan modern dengan tetap memelihara jatidiri bangsa yang baik demi meningkatkan harkat dan martabat bangsa;
  • Bidang Pendidikan: berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berakhlak mulia, mandiri, terampil, profesional dan kritis terhadap lingkungan sosial di sekitarnya, mengusahakan terwujudnya sistem pendidikan nasional yang berorientasi kerakyatan, murah dan berkesinambungan;
  • Bidang Pertahanan: membangun kesadaran setiap warga negara terhadap kewajiban untuk turut serta dalam usaha pertahanan negara; mendorong terwujudnya swabela masyarakat terhadap perlakuan-perlakuan yang menimbulkan rasa tidak aman, baik yang datang dari pribadi-pribadi maupun institusi tertentu dalam masyarakat.

Dalam perjalanannya, PKB menemui berbagai tantangan untuk mewujudkan visi dan misi partai, seperti persaingan politik yang ketat, dinamika masyarakat yang terus berubah, serta tuntutan harapan masyarakat yang semakin tinggi.

Kendati demikian, sejak mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 1999, PKB selalu berhasil menempatkan wakil rakyat di kursi DPR RI dengan bekal visi dan misi yang diemban.
 
Visi dan misi tersebut menjadi komitmen partai PKB untuk mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan bermartabat.
 
Dengan akar yang kuat dari NU serta memiliki pendukung massa yang luas, PKB berupaya untuk selalu menjadi salah satu kekuatan politik di Indonesia.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024