Jakarta (ANTARA) - Platform streaming audio Spotify kini telah menambah kuota akses terhadap fitur lirik lagu bagi pengguna gratis, setelah sempat membatasinya sebanyak tiga lirik per bulan pada bulan Mei lalu.

Langkah ini ditempuh Spotify setelah perusahaan banyak menerima protes dari para penggunanya. Dengan begitu, kini pengguna gratis Spotify bisa melihat lebih banyak lirik lagu dan perubahan ini segera bisa dinikmati di seluruh dunia.

"Di Spotify, kami selalu menguji dan mengulangi. Artinya, ketersediaan fitur kami dapat bervariasi di setiap tingkatan dan antar pasar serta perangkat," kata juru bicara Spotify dalam keterangannya, dikutip dari Tech Crunch pada Selasa.

Baca juga: Spotify perluas akses lirik bagi pengguna layanan gratis

Baca juga: Musik karya artis Indonesia dikenal luas oleh pengguna Spotify


"Dalam beberapa pekan mendatang, kami akan memperluas ketersediaan lirik untuk pengguna Spotify Free sehingga orang-orang dapat melihat lirik lebih banyak, secara global," ujarnya menambahkan.

Sayangnya, hingga saat ini Spotify masih merahasiakan tambahan jumlah kuota lirik per bulan untuk pengguna gratis, yang pasti akan lebih banyak dibandingkan kuota sebelumnya yakni tiga lagu per bulan.

Diketahui, Spotify sempat menetapkan fitur lirik sebagai layanan berbayar dimana pengguna diharuskan membayar agar bisa melihat lirik lagu tanpa dibatasi.

Pada kuartal kedua tahun 2024, Spotify mencatat telah memiliki 626 juta pengguna aktif bulanan, termasuk 246 juta pelanggan premium.

Akan tetapi, Spotify tidak mengungkapkan kontribusi penetapan biaya untuk akses fitur lirik tak terbatas ini terhadap peningkatan jumlah pelanggan.

Baca juga: Spotify rilis paket langganan "Basic" baru di AS

Baca juga: Spotify hadirkan fitur personalisasi putar lagu

Baca juga: Spotify sediakan Creative Lab untuk dukung kampanye pemasaran

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024