Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melanjutkan perjalanannya dari Ankara, Turki, ke Moskow, Rusia, untuk bertemu sejumlah menteri dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Rabu, menjelaskan Menhan Prabowo dan delegasi RI tiba di Moskow pada Selasa (30/7) malam, dan seluruh agenda pertemuan dijadwalkan berlangsung Rabu.

"Agenda kunjungan dimulai dengan pertemuan di Kementerian Pertahanan Rusia, di mana Menhan Prabowo bertemu dengan Menteri Pertahanan Rusia Andrey Belusov. Pertemuan ini diharapkan dapat membahas berbagai isu penting terkait kerja sama pertahanan antara kedua negara," kata Kepala Biro Humas Setjen Kemhan RI.

Dia melanjutkan, Menhan Prabowo kemudian dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Moskow. "Pertemuan ini menjadi momen penting dalam memperkuat hubungan diplomatik dan kerja sama antara Indonesia dan Rusia," tutur dia.

Baca juga: Bertemu Erdogan, Menhan Prabowo tekankan Turki mitra strategis RI

Baca juga: Menhan dan Presiden Serbia tegaskan komitmen perkuat kerja sama

Baca juga: Prabowo saksikan parade Kontingen RI di pembukaan Olimpiade Paris


Di Bandara Vnukovo, Moskow, kedatangan Prabowo disambut oleh Wakil Direktur Protokol Negara Kementerian Luar Negeri Rusia Aleksander Vladimirovich Prusov, Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarusia Jose Antonio Morato Tavares, dan Atase Pertahanan RI di Moskow Marsekal Pertama TNI Jatmiko Adi.

Dalam beberapa rekaman video yang disiarkan media Rusia, iring-iringan kendaraan yang mengangkut Menhan Prabowo melintas di jalanan Moskow menuju Kremlin, Rabu siang waktu setempat. Walaupun demikian, sejauh ini Kemhan RI belum dapat menerangkan hasil pertemuan antara Menhan Prabowo dan Presiden Putin.

Presiden Putin merupakan satu dari sejumlah kepala negara asing yang memberikan ucapan selamat kepada Prabowo setelah dia ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dan Presiden Terpilih RI untuk periode 2024–2029. Prabowo, yang saat ini menjabat menteri pertahanan di dalam pemerintahan Presiden RI Joko Widodo, dijadwalkan dilantik sebagai presiden RI bersama wakilnya, Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan putra sulung Presiden Jokowi pada 20 Oktober 2024.

Sejak dia ditetapkan sebagai presiden terpilih, Prabowo beberapa kali melawat ke luar negeri menemui pemimpin negara-negara mitra Indonesia, mulai dari Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong, Raja Jordania Abdullah II bin Al-Hussein, Perdana Menteri Arab Saudi sekaligus Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) bin Abdulaziz.

Kemudian, Prabowo dalam rangkaian lawatan luar negerinya sejak pekan lalu sampai dengan pekan ini, juga telah bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Serbia Aleksandar Vučić, dan Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024