Medan (ANTARA) - Pengprov Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Sumatera Utara terus mematangkan persiapan atletnya untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, termasuk di antaranya dengan memperbanyak uji coba.

"Persiapan sampai saat ini sudah masuk dalam fase pra kompetisi atau fase ketiga setelah melalui dua fase yakni program umum dan khusus," kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) PBVSI Sumatera Utara, Indra Kasih di Medan, Rabu.

Ia mengatakan saat ini tim pemusatan latihan daerah (pelatda) voli indoor Sumut sedang menuju Binjai untuk melanjutkan latihan setelah sebelumnya berlatih di Tebingtinggi.

"Kita sebelumnya latihan di Tebing, ini anak-anak sekarang lagi menuju ke Binjai untuk latihan. Kebetulan akan ada kejuaraan, tim pelatda itu dipanggil ke sana untuk meramaikan," katanya.

Untuk fase pra kompetisi Indra Kasih mengatakan terbagi dari beberapa bagian, ada yang pra kompetisi bisa try out dan juga try in.

"Namun untuk try in dan try out memang belum disiapkan oleh KONI Sumut, mungkin karena dinamika di anggaran," katanya.

Dalam tahap pra kompetisi, berbagai upaya juga dilakukan untuk mengikuti kompetisi yang dianggap sebagai kompetisi sesungguhnya.

Kejuaraan seperti Kapolri Cup menjadi salah satu ajang penting bagi tim voli indoor Sumatera Utara dalam persiapannya menuju PON XXI 2024.

"Kemungkinan 21 Agustus, voli indoor putra/putri akan coba bermain di Riau sampai 25 Agustus, babak kualifikasi kejuaraan Kapolri Cup,” kata Indra Kasih.

Selain fokus pada latihan teknis, aspek psikologis juga menjadi perhatian.

Pendampingan psikolog dari KONI Sumut sudah beberapa kali diberikan kepada para atlet untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

"Dengan adanya bantuan psikolog itu rasa confidence anak-anak bertambah. Sementara itu, pra kompetisi untuk mengevaluasi sesungguhnya seperti apa kekuatan dari tim yang sudah kita bangun ini," katanya.

Menghadapi PON 2024, PBVSI Sumut berupaya memadukan kekuatan antara voli indoor dan voli pantai.

Latihan intensif dan partisipasi dalam kompetisi menjadi strategi utama. Walaupun ada keterbatasan, semangat untuk memberikan yang terbaik tetap menjadi motivasi utama.

"Kita tidak pernah menjanjikan emas, kita akan tetap berusaha yang terbaik dengan keterbatasan kita berusaha yang terbaik," katanya.

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024