Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie dipastikan tidak lolos ke babak utama atau 16 besar Olimpiade Paris 2024.

Hal itu menyusul Jonatan yang menelan kekalahan dua gim langsung dari wakil India Lakshya Sen dengan skor 18-21, 12-21 pada pertandingan terakhir fase grup yang digelar di Porte De La Chapelle Arena, Rabu.

Pada awal gim pertama, Jonatan mengumpulkan lima poin beruntun dan tidak memberikan satu pun angka untuk lawan.

Margin skor yang cukup jauh di awal gim ini membuat Jonatan semakin percaya diri untuk memberikan tekanan terhadap Sen. Ia tampil fokus dan berani demi menjaga keunggulannya.

Namun, pertahanan yang baik dari Sen mengantarkannya untuk perlahan mengejar ketertinggalan dan menyamakan kedudukan 8-8.

Meski demikian, Jonatan tetap fokus dengan melancarkan variasi serangan sehingga terlibat dalam perebutan angka yang sengit.

Akan tetapi, smes keras Sen membuatnya unggul di interval gim pertama dengan skor tipis 11-10.

Selepas turun minum, Jonatan langsung menyamakan kedudukan dengan tenang dan fokus. Namun, momentum itu tidak bisa dipertahankan dengan kuat oleh Jonatan menyusul Sen yang mengumpulkan tiga angka beruntun.

Reli panjang mewarnai perebutan angka ke-13 bagi Jonatan. Kesabaran itu mengantarkan Jonatan untuk memutarbalikkan keadaan 17-16, 18-16.

Sayang, momentum tidak mampu dipegang oleh Jonatan dan Sen merebut gim pertama 21-18.

Baca juga: Duo saudara kandung curi perhatian di bulu tangkis Olimpiade Paris

Berganti sisi lapangan, Jonatan terlihat berusaha menemukan ritme permainan yang tepat untuk menembus pertahanan Sen. Sempat berebut angka dengan sengit, wakil Indonesia harus mengakui keuletan lawan dengan merebut interval 11-6.

Setelah jeda singkat, Jonatan tampil lebih sabar untuk meraih angka demi angka dengan posisinya yang menang angin. Namun, sang juara Asian Games 2018 masih tertinggal cukup jauh 10-17.

Meski mencoba mengejar, Sen terus bisa mempertahankan margin dan merebut gim kedua 21-12.

Sejauh ini, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke babak utama cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Paris 2024.

Namun, masih ada beberapa peluang yang dimiliki Indonesia, yakni dari tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting serta tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang bakal bertanding hari ini.

Baca juga: Jonatan, Ginting, Gregoria siap perebutkan tempat di babak utama
Baca juga: Fajar/Rian siap antisipasi persaingan di perempat final
 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024