Jakarta (ANTARA) - Panitia seleksi(Pansel) calon pimpinan dan dewan pengawas KPK masa jabatan 2024–2029 memaparkan bahwa sebanyak 142 peserta hadir dalam tes tertulis calon dewan pengawas KPK, sedangkan empat orang yang tidak hadir dipastikan langsung gugur.

“Dan dari 146 peserta tes tertulis calon dewan pengawas KPK, yang hadir mengikuti tes sebanyak 142 orang,” kata anggota Pansel Y. Ambeg Paramarta saat konferensi pers di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu.

Ambeg mengatakan dari 142 peserta yang hadir, sebanyak 126 orang diantaranya merupakan laki-laki dan 16 orang lainnya adalah perempuan. Adapun empat orang yang tidak hadir seluruhnya laki-laki.

Namun demikian, ia tidak membeberkan nama-nama peserta yang tidak hadir tersebut. “Hanya terkait dengan empat orang yang tidak hadir sama dengan tadi, berarti mereka gugur. Tentang alasannya, itu tidak disampaikan. Mereka tidak datang saja,” ujar Ambeg.

Tes tertulis itu berisikan tujuh pertanyaan yang terdiri dari empat pertanyaan wajib dan tiga pertanyaan pilihan. Dari tiga pertanyaan pilihan, peserta hanya diwajibkan mengerjakan dua soal.

Tes tertulis calon dewan pengawas KPK dilaksanakan mulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB. Sebelumnya, pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB terlebih dahulu dilangsungkan tes tertulis calon pimpinan KPK.

“Nama-nama peserta yang dinyatakan lulus tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2024, seperti biasa melalui website Kementerian Sekretariat Negara dan website KPK,” ucap Ambeg.

Lebih lanjut, pansel mengharapkan tanggapan dari masyarakat terkait nama-nama peserta seleksi, baik calon dewan pengawas maupun calon pimpinan KPK.

Tanggapan masyarakat dapat disampaikan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi hingga tanggal 24 Agustus 2024, melalui laman Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (APEL), yakni (https://apel.setneg.go.id) atau melalui email ke pansel.capim.kpk@setneg.go.id dan pansel.cadewas.kpk@setneg.go.id.
Baca juga: Pansel umumkan 236 orang lulus seleksi administrasi capim KPK
Baca juga: Pansel catat total 525 orang mendaftar untuk capim dan Dewas KPK

 

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024