Dengan fokus pada pengelolaan SDM yang efektif, perusahaan tidak hanya meningkatkan kinerja organisasi, tetapi juga memastikan bahwa pegawai merasa dihargai dan termotivasi untuk memberikan yang terbaik
Jakarta (ANTARA) - PT PLN Indonesia Power (PLN IP) menerapkan transformasi pengelolaan sumber daya mineral (SDM) dalam rangka menuju perusahaan top global.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan perusahaan telah melakukan transformasi dalam segala aspek, tak terkecuali pengelolaan SDM.

Menurut dia, aksi transformasi itu pun menorehkan prestasi dalam ajang The 15th Indonesia HR Excellence Conference & Awarding 2024.

Edwin mengatakan korporasi berusaha untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif, dan berorientasi pada pertumbuhan dan peningkatan kualitas pegawai.

"Dengan fokus pada pengelolaan SDM yang efektif, perusahaan tidak hanya meningkatkan kinerja organisasi, tetapi juga memastikan bahwa pegawai merasa dihargai dan termotivasi untuk memberikan yang terbaik," katanya.

Edwin menambahkan seiring dengan perkembangan teknologi, budaya kerja, dan kebutuhan bisnis, menjadikan tren baru dalam bidang human resources (HR) baik itu recruitment, reward, sampai punishment.

Di sisi lain, perusahaan perlu mendengar suara pegawai, yang mana karakteristik dan tuntutan para pegawai sudah bergeser. Hal itu dikarenakan dengan makin dominannya generasi Y dan Z di dunia kerja.

Berdasar kondisi itu, manajemen PLN Indonesia Power dalam hal ini HR sebagai strategic partner harus mampu membangun agility, sekaligus memenuhi tuntutan work experience agar perusahaan mampu bertahan dan tumbuh berkelanjutan.

"Bagi PLN Indonesia Power, SDM merupakan modal untuk menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan dan mewujudkan visi untuk masuk ke dalam perusahaan top global, sebab itu kami akan terus memperhatikan dinamika pekerja dan melakukan transformasi untuk menjawab berbagai tantangan," sebut Edwin.

PLN Indonesia Power meraih penghargaan dalam The 15th Indonesia Hr Excellence Conference & Awarding 2024 untuk kategori yang pertama HR Digitization & People Analitycs dan kategori kedua Reward Management & Talent Retention Strategy.

HR Excellence Award diikuti setiap tahunnya oleh puluhan organisasi dan perusahaan yang bertujuan untuk melakukan penilaian terhadap proses dan praktik manajemen SDM di organisasi/perusahaan untuk dijadikan lesson learn baik untuk peserta maupun bagi dunia HR Indonesia.

Baca juga: PLN IP gunakan tandan kosong sawit untuk biomassa di PLTU Sintang
Baca juga: PLN Indonesia Power bangun tempat produksi biomassa di Medan
Baca juga: REOC hasil inovasi digital PLN IP diminati perusahaan Thailand

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024