Porsi terbesar volume penjaminan Jamkrindo Cabang Pangkalpinang adalah penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yaitu sebesar Rp432,8 miliar
Pangkalpinang (ANTARA) - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) Cabang Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membukukan volume penjaminan selama periode Januari hingga Juni 2024 sebesar Rp983 miliar.

"Jika dihitung secara tahunan, jumlah ini tumbuh sekitar 22 persen dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan dari sisi pendapatan imbal jasa mampu mencapai Rp23 miliar," kata Pimpinan PT Jamkrindo Cabang Pangkalpinang Dedi Wardhani di Pangkalpinang, Rabu.

Selain hasil positif tersebut, pihaknya juga mencatat adanya pendapatan peralihan hak tagih dari lembaga keuangan sebesar Rp2 miliar.

"Porsi terbesar volume penjaminan Jamkrindo Cabang Pangkalpinang adalah penjaminan program pemerintah yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR) yaitu sebesar Rp432,8 miliar, jumlah ini menurut catatan kami mengalami pertumbuhan 65 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya," katanya.

Selain penjaminan KUR, perusahaan yang masih berada di bawah unit kerja dari Kantor Wilayah Palembang tersebut juga memiliki "line of business suretyship", konsumtif dan produktif.

Baca juga: IFG ajukan PMN Rp3 triliun untuk perkuat penjaminan KUR UMKM

Baca juga: Jamkrindo tingkatkan kapasitas usaha kerajinan blangkon di Yogyakarta


Ia mengatakan untuk Kantor Wilayah Palembang, volume penjaminan pada Januari-Juni 2024 tercatat sebesar Rp28,9 triliun, dengan pendapatan UJP Rp361 miliar, dan pendapatan subrogasi Rp39 miliar.

Jamkrindo merupakan perusahaan yang mendukung ekosistem perekonomian nasional, terutama dari sektor riil dengan mendorong kapasitas usaha mikro kecil dan menengah.

Jamkrindo fokus pada kegiatan bisnis berkelanjutan dengan menerapkan prinsip kehati-hatian menggunakan "four eyes principles" dan "three lines of defense" serta peningkatan "risk appetite" pada seluruh "term and sondition" perjanjian kerja sama seluruh produk penjaminan perusahaan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bisnis dapat terus memberi kontribusi pada kinerja perusahaan, sekaligus ikut memberi kontribusi pada perekonomian di sektor riil.

Selain menjalankan bisnis untuk menjaga keberlangsungan perusahaan, Jamkrindo juga berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan ekonomi yang berhubungan langsung dengan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.

"Di Pangkalpinang, pekan lalu Jamkrindo mendistribusikan bantuan puluhan tas untuk siswa SD Negeri 4 Merawang sebagai bagian kontribusi Jamkrindo di sektor pendidikan," katanya.

Baca juga: ANTARA dan Jamkrindo tanda tangani MoU kerja sama penjaminan

Baca juga: Akhmad Purwakajaya sukses pimpin transformasi berkelanjutan Jamkrindo

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024