Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyebutkan sebanyak 277 warga mendapatkan pekerjaan melalui bursa kerja (job fair) tahap pertama tahun 2024 di Mal Thamrin City, Kecamatan Tanah Abang.

"'Job fair' tahap pertama sukses diselenggarakan. Total yang telah ditempatkan hingga tanggal 30 Juli 2024 ini sejumlah 277 orang" kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Pusat Noviar Dinariyanti.

Pada pembukaan "job fair" kedua tahun 2024 di Gajah Mada Plaza, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu, dia mengemukakan bahwa jumlah ini akan terus bertambah karena beberapa perusahaan peserta "job fair" tahap pertama masih menyeleksi pelamar kerja.
 
Novi menyebutkan, pada penyelenggaraan "job fair" tahap pertama berhasil dikunjungi sebanyak 2.310 pencari kerja. Dari jumlah tersebut, total pengunjung yang melamar kerja sebanyak 662 orang.

Baca juga: Pemkot Jakpus sediakan 1.896 lowongan kerja untuk tekan pengangguran
Baca juga: Warga padati pembukaan bursa kerja tahap kedua di Jakpus
 
Antrean warga saat hari pertama pembukaan bursa kerja (Job Fair) tahap kedua tahun 2024 di Gajah Mada Plaza, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza
Pada 2023, Suku Dinas (Sudin) Nakertransgi Jakarta Pusat telah sukses melaksanakan "job fair" sebanyak tiga kali. Total penyerapan tenaga kerja pada "job fair" 2023 sebanyak 649 orang.
 
Tentunya, kata Novi, pelaksanaan "job fair" tahap pertama menjadi bahan evaluasi dan gambaran untuk pelaksanaan ​​​tahap kedua
​​​​​​dan ketiga.
 
"Seperti halnya 'job fair' tahap pertama, kegiatan tahap kedua ini diharapkan dapat mempermudah pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja atau perusahaan. Sedangkan pada tahun 2024 akan diadakan sebanyak tiga kali," ujar Novi.
 
Novi berharap, pelaksanaan "job fair" di Jakarta Pusat ini dapat mempercepat proses penyerapan tenaga kerja dan akhirnya dapat mengurangi tingkat pengangguran di Provinsi DKI Jakarta.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024