Jakarta (ANTARA) - Muhammadiyah menjadi salah satu organisasi islam yang besar di Indonesia. Organisasi yang di dirikan oleh KH Ahmad Dahlan pada 1912 ini awalnya adalah madrasah Ibtidaiyah Diniyah Islamiyah yang berada di Kauman, Kota Yogyakarta.

Keberadaan Muhammadiyah sudah lebih dari satu abad, hal ini menunjukkan betapa kuatnya pengaruh dan kontribusi organisasi ini dalam masyarakat. Muhammadiyah saat ini telah berkembang pesat dengan ribuan sekolah dan ratusan perguruan tinggi yang berdiri di berbagai tempat di Indonesia.

Dalam upaya mencetak generasi muda yang berkualitas, Muhammadiyah mengajarkan nilai-nilai melalui Janji Pelajar Muhammadiyah, yang berisi 6 ikrar yang harus diamalkan oleh setiap pelajar Muhammadiyah. Adapun isi Janji Pelajar tersebut adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللّه الرّحْمٰنِ الرّحِيْم

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلاَمِ دِيْناً وَبِمُحَمَّدٍ نَّبِياًّ وَّرَسُوْلاً


Asyhadu alla ‘illaha ‘illallah wa ‘asyhadu ‘anna Muhammadurrasullullah. Rodziitu billahi robba wa bil islamidiina wa bimuhammadinnabiyyiw wa Rosuulilla

Kami Pelajar Muhammadiyah berjanji:
  • Berjuang menegakkan ajaran Islam
  • Hormat dan patuh terhadap orang tua dan guru
  • Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu
  • Bekerja keras, mandiri, dan berprestasi
  • Rela berkorban dan menolong sesama
  • Siap menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa
Dalam Janji Pelajar Muhammadiyah, berisi ikrar yang harus diamalkan. Peserta didik yang benar-benar mengamalkan dan menjalankan janji-janji tersebut dengan tulus dan berkomitmen untuk tidak akan melakukan tindakan diskriminasi terhadap sesama.

Lembaga pendidikan Muhammadiyah memiliki tiga fungsi utama sebagai berikut:
  • Pertama, fungsi pendidikan Lembaga pendidikan Muhammadiyah artinya setiap lembaga pendidikan naungan Muhammadiyah mampu menjadi pusat ilmu, teknologi dan kajian untuk membedah ilmu modern maupun ilmu al-quran yang mampu berkontribusi nyata bagi masyarakat.
  • Kedua adalah fungsi dakwah, sebab lembaga pendidikan Muhammadiyah mempunyai fungsi sebagai pusat dakwah di lingkup pendidikan, karena apapun yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Muhammadiyah tidak boleh lepas dari cita-cita dan spirit dakwah Muhammadiyah.
  • Ketiga adalah fungsi perkaderan, fungsi terakhir ini tidak boleh dianggap remeh sebab memiliki arti penting bagi keberlangsungan organisasi dan penyambung estafet kepemimpinan bangsa.
Itulah ikrar pelajar Muhammadiyah terus menjalankan perannya dalam pendidikan, dakwah, dan perkaderan, sesuai dengan tiga fungsi utama lembaga pendidikannya.

Baca juga: Susunan pengurus Muhammadiyah 2022-2027

Baca juga: Sejarah singkat dan tokoh pendiri Muhammadiyah

Baca juga: PAN hormati keputusan PP Muhammadiyah yang terima pengelolaan tambang

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024