Jakarta (ANTARA) - Warga memadati pusat perbelanjaan Gajah Mada Plaza, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, untuk mengikuti pembukaan bursa kerja (job fair) tahap kedua tahun 2024 pada Rabu.
 
Warga sudah berada di lokasi sejak pukul 08.00 WIB. Mereka antre di pintu utama pusat perbelanjaan itu untuk menunggu pembukaan bursa kerja sekitar pukul 10.00 WIB.
 
Warga yang datang mayoritas merupakan warga Jakarta, dengan pakaian rapi membawa map coklat berisikan dokumen dan data diri sesuai persyaratan untuk melamar di perusahaan dalam bursa kerja tersebut.
 
"Rame banget dari ujung ke ujung walaupun mulai telat ya, baru mulai setengah sebelasan. Tapi dengan 'job fair' ini terbantu banget karena ini lebih terprioritaskan untuk mencari kerja dan panggilannya lebih cepat dibandingkan daftar di tempat biasa," kata salah satu warga Jakarta Pusat, Reggie Abid (18) di Jakarta.

Baca juga: Pemkot Jakpus sediakan 1.896 lowongan kerja untuk tekan pengangguran

Lulusan SMK ini mengaku mencari kerja di Jakarta ini merupakan hal yang mudah, karena banyaknya lowongan pekerjaan khususnya yang difasilitasi pemerintah. Namun, kesulitannya ada pada kualifikasi dan syarat yang diminta.
 
"Cari kerja menurut saya gampang, tapi sesuai kualifikasi itu yang susah banget. Harapannya pemerintah bisa bantu regulasi atur ulang syarat-syarat yang kurang realistis," katanya.

Misalnya, minta "fresh graduate" tapi pengalaman setahun-dua tahun. "Gaji berpengalaman tapi di bawah UMR," katanya.
 
Sama halnya pengalaman Syifa Fauziah (22) warga Matraman, Jakarta Timur, yang mengaku sudah mengikuti "job fair" yang ketiga kalinya. Dia menyebutkan, kondisi mencari kerja saat ini menjadi sulit ketika dihadapi persyaratan pendidikan dan pengalaman.
 
"Kondisi kerja saat ini sulit karena tidak sesuai kriterianya. Saya belum kerja dari lulus sudah tiga tahun, sekarang lagi cari yang pas," katanya.

Baca juga: Kadin DKI komitmen tingkatkan peluang usaha untuk kurangi pengangguran

"Dari jam delapan pagi di sini. Harapannya jangan mandang umur, usia atau pengalaman kerja. Pengennya semua adil dan merata," kata Syifa.
 
Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyediakan 1.896 lowongan di bursa kerja (job fair) tahap kedua tahun 2024 di Gajah Mada Plaza, Petojo Utara, Gambir, untuk menekan angka pengangguran.
 
"Kegiatan bursa kerja ini merupakan salah satu kegiatan yang strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma dalam sambutan pembukaan bursa kerja kedua tahun 2024 di Jakarta, Rabu.
 
Bursa kerja tahap kedua tahun 2024 yang dilaksanakan selama dua hari mulai Rabu (31/7) hingga Kamis (1/8) ini ada 40 perusahaan yang berpartisipasi. Setiap harinya kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.
 
Sasaran dari program penempatan tenaga kerja melalui kegiatan pameran bursa kerja adalah pencari kerja atau pengangguran yang hadir sebanyak 1.500 per hari. Untuk pelaksanaan bursa kerja ini diharapkan bisa mencapai 3.000 pencari kerja.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024