Kami berkomitmen dalam menjaga keseimbangan antara people, profit dan planet di antaranya dengan mendukung sektor-sektor usaha yang berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) mencatat pembiayaan yang disalurkan lewat Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KUB) mencapai Rp2,6 triliun di semester I-2024.

Total pembiayaan berkelanjutan itu naik 5,3 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat Rp2,4 triliun.

“Kami berkomitmen dalam menjaga keseimbangan antara people, profit dan planet di antaranya dengan mendukung sektor-sektor usaha yang berkelanjutan,” kata Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum saat konferensi pers paparan kinerja keuangan semester I-2024 di Jakarta, Rabu.

Hingga Juni 2024, komposisi penyaluran pembiayaan KUB BCA Syariah sebesar 27,3 persen dari total pembiayaan yang sebesar Rp9,5 triliun.

Yuli merinci, portofolio pembiayaan KUB yang sebesar Rp2,6 triliun disalurkan kepada 6 kategori KUB di antaranya produk eco-efficient Rp363,4 miliar, efisiensi energi Rp242,7 miliar, pengelolaan sumber daya alam hayati & penggunaan lahan berkelanjutan Rp117,07 miliar.

Kemudian pencegahan dan pengendalian polusi Rp15,3 miliar, transportasi ramah lingkungan Rp2,7 miliar, pengelolaan air & air limbah yang berkelanjutan Rp2,3 miliar, serta kegiatan UMKM Rp1,9 triliun.

Ia menyampaikan, komitmen keberlanjutan lainnya juga ditunjukkan dalam berbagai bentuk kontribusi baik ke masyarakat maupun lingkungan melalui tiga pilar.

Pertama, program BCA Syariah Peduli Prestasi telah mengedukasi berbagai segmen masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, UMKM dan profesional. "Sampai dengan Juni 2024, kurang lebih kita sudah melakukan kegiatan edukasi literasi kepada 8.507 peserta," ujar Yuli.

Program ini diikuti oleh 60 persen dari kalangan masyarakat umum, dan 40 persen dari kalangan pelajar.

Kedua, Program Peduli Sejahtera dengan program pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha

Ketiga, peduli Sosial melalui berbagai program untuk kemaslahatan masyarakat maupun lingkungan.

Program ini mencakup berbagai kegiatan seperti kegiatan donor darah, sumbangan Idul Adha di 16 lokasi, serta revitalisasi masjid dan musholla di Jakarta, Bandar Lampung dan Bandung.

Adapun penyaluran pembiayaan BCA Syariah di semester I-2024 secara keseluruhan tercatat sebesar Rp9,5 triliun atau tumbuh 21,0 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp7,8 triliun.

Baca juga: BCA Syariah bukukan laba Rp89,4 miliar di semester I-2024
Baca juga: BCA Syariah salurkan hewan kurban di 16 kota pada Idul Adha 1445 H

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024