Balai Ternak Baznas merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI meluncurkan Balai Ternak Baznas di Kelompok Tani Ternak Maju Jaya Babakan Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, guna memberdayakan para penerima zakat atau mustahik di wilayah setempat.

"Balai Ternak Baznas merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi berbasis peternakan," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad melalui keterangannya di Jakarta, Rabu.

Noor menjelaskan, program Balai Ternak Baznas di Banyumas telah berjalan sejak 1 April 2024, dengan jumlah peternak sebanyak 20 orang laki-laki. Saat ini, jumlah populasi ternak mencapai 111 ekor domba, dengan rincian 11 ekor pejantan domba sakub, dan 100 ekor domba indukan.

"Pertimbangan pemilihan wilayah tersebut, -karena- wilayah tersebut memiliki potensi dalam bidang peternakan ternak kecil domba, -di mana)- peternakan domba kian menjamur, seiring berjalannya waktu semakin banyak tumbuh dan berkembang peternak baru. Hal ini didukung oleh potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada," ujarnya.

Balai Ternak Baznas di Banyumas ini, kata Noor, tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan produksi ternak, tetapi juga untuk memberdayakan para peternak lokal agar dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

"Dengan adanya balai ternak ini, kami berharap dapat memberikan pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan kepada para peternak, sehingga mereka dapat mengembangkan usaha ternak secara lebih profesional dan berkelanjutan," katanya.

Dengan kolaborasi dan sinergi antara pemerintah daerah, Baznas, para peternak, dan seluruh pemangku kepentigan, Noor optimistis bahwa Balai Ternak Baznas akan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Banyumas.

"Mari kita bersama-sama berdoa dan berikhtiar agar program ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi umat. Semoga Allah SWT senantiasa meridai setiap langkah kita dalam mengembangkan dan memajukan bangsa ini," katanya.

Sementara, Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Darodji menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Baznas RI karena telah menjadikan Banyumas menjadi salah satu titik berdirinya Balai Ternak Baznas.

Menurutnya, kehadiran Balai Ternak Baznas ini merupakan langkah strategis dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sektor peternakan.

“Alhamdulillah, kami ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Baznas RI yang telah membangun Balai Ternak di Kabupaten Banyumas. Kita doakan para muzaki semakin banyak rezekinya, sehingga semakin banyak mustahik yang mendapatkan bantuan,” ucapnya.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024