Jakarta (ANTARA) - Produsen makanan dan minuman sehat Nutrifood berinovasi dengan menghadirkan rangkaian produk yang mengandung HMB (Beta-Hydroxy-Beta-Methylbutyrate) melalui brand HiLo dan L-Men untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot sehingga bisa mewujudkan hari tua yang lebih aktif, bahagia, dan sehat lebih lama. 

Head of Strategic Marketing Nutrifood Susana mengatakan inovasi ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pemenuhan kekuatan massa otot yang cenderung berkurang memasuki usia 30 tahun.

"Produk ini kami rancang untuk mengajak masyarakat Indonesia agar dapat hidup sehat lebih lama. Salah satu gangguan yang dapat dialami seiring bertambahnya usia adalah sarkopenia, yaitu kondisi yang ditandai dengan berkurangnya kekuatan dan massa otot secara progresif. Sarkopenia berkaitan dengan berbagai macam gangguan termasuk penurunan performa fisik, penurunan kualitas hidup, peningkatan kebutuhan perawatan, dan peningkatan risiko kematian," kata Susana dalam konfrensi pers Inovasi Nutrifood HMB untuk Tingkatkan Kekuatan dan Massa Otot, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Nutrifood kampanyekan #BatasiGGL sebagai upaya menanggulangi obesitas

Fakta menunjukkan bahwa di sekitar usia 30 tahun, manusia dapat kehilangan massa otot sekitar 3-8 persen setiap dekadenya, padahal massa dan kekuatan otot merupakan elemen krusial yang mampu memengaruhi postur tubuh serta kemampuan manusia bergerak dan beraktivitas.

Risiko menurunnya massa dan kekuatan otot ini dapat menyebabkan gangguan aktivitas, hingga meningkatkan risiko jatuh dan cedera yang merupakan salah satu faktor utama penyebab disabilitas pada usia lanjut.

Susana mengatakan menabung kekuatan massa otot sejak dini perlu dilakukan sebagai bekal persiapan di hari tua nanti, melalui pembiasaan olahraga (termasuk olahraga beban) secara rutin, pemenuhan kebutuhan protein yang cukup sebagai bagian dari pola hidup sehat, serta konsumsi HMB.

Baca juga: Tujuh latihan kekuatan untuk turunkan berat badan bagi pria 40 tahun

Dua produk yang dapat mendukung pemenuhan kebutuhan HMB masyarakat Indonesia, yaitu HiLo Platinum Vanilla dan L-Men Advanced Gold. Adanya kedua produk ini semoga dapat membantu masyarakat Indonesia lebih peduli dengan kekuatan dan massa otot dalam mendukung kualitas hidupnya, kata Susana.

Sementara itu, pemenang kompetisi kebugaran L-Men Of The Year 2006 Fernando Surya mengatakan produk dengan HMB dapat memenuhi kebutuhan protein harian, terlebih bagi yang menjalani program pembentukan otot dengan fitness.

"Dalam masa fitness dia latihan berat butuh recovery, salah satunya dari protein, inovasi ini membantu kita memenuhi kebutuhan nutrisi apalagi bertambahnya usia massa otot sudah mulai berkurang," kata Nando.

Baca juga: Amankah membentuk massa otot sejak usia remaja?

HiLo Platinum Hi-Protein rasa Vanilla memiliki kandungan tinggi kalsium dengan formula terlengkap dari HiLo, mengandung 500mg HMB yang terbukti untuk menambah massa otot dan mencegah kerusakan otot.

Sementara L-Men Advanced Gold merupakan suplemen tinggi Whey Protein 15 gram/saji dengan kandungan BCAA dan L-Glutamine untuk cegah penyusutan otot selama latihan dan bantu memenuhi kebutuhan harian. Serta dilengkapi dengan HMB yang berperan penting dalam pembentukan protein otot.

Baca juga: Kiat jaga massa dan kekuatan otot di usia 30-an

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024