Jakarta (ANTARA) - Chef Nadya Putri, 1st Runner Up dari ajang Masterchef Indonesia season 8 membagikan cara membuat strawberry shortcake bersama jenama margarin BlueBand dalam ajang pameran Indonesia Food & Hospitality Indonesia (FHI) 2024 yang digelar di Hall D2 JIExpo Kemayoran beberapa waktu yang lalu.

Dalam acara tersebut jenama margarin BlueBand meluncurkan inovasi terbarunya, yakni BlueBand Professional Plant-based Butter.

"BlueBand plant-based Butter merupakan produk unggulan terbaru dari BlueBand yang cocok digunakan untuk berbagai aplikasi, mulai dari cooking, baking, frying, ataupun spreading. Selain itu, BlueBand Butter juga memiliki rasa lezat yang istimewa dan hadir dengan harga lebih terjangkau, hingga 30 persen lebih hemat dibandingkan produk sejenis," kata Marketing Director PT Upfield Consulting Indonesia Ade Savitri.

Baca juga: Menu Lebaran - Strawberry shortcake

Berikut resep strawberry shortcake.

Bahan-Bahan

cake:
115 gram tepung terigu
110 gram gula pasir
1/2 sendok teh ekstrak vanila
1/4 sendok teh garam
15 gram Blueband Butter, lelehkan
25 gram susu
1/2 sendok teh SP
4 butir telur

cream:
400 ml Blueband Whipping Cream
45 gram icing sugar
1/2 sendok teh ekstrak vanila

sirup:
100 ml air
10 gram gula pasir
vanili

Buah strawberry segar

Baca juga: Resep marble cake antigagal ala Chef Devina Hermawan untuk Lebaran


Cara membuat:
- Ayak bahan kering: Ayak tepung terigu, gula pasir, dan garam. Sisihkan.
- Kocok telur dan SP: Kocok telur dan SP menggunakan mixer hingga mengembang pucat dan berjejak.
- Masukkan bahan basah: Masukkan vanila, susu, dan margarin cair secara bertahap sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah.
- Campurkan bahan kering: Masukkan campuran tepung secara bertahap sambil diayak dan dibalik menggunakan spatula. Aduk hingga rata dengan teknik aduk lipat.
- Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan.
- Panggang selama kurang lebih 25-30 menit atau hingga matang. Lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangannya. Angkat dan biarkan dingin di rak kawat.
- Masak sirup: Masak air dan gula pasir hingga gula larut. Tambahkan sedikit pewarna makanan merah dan ekstrak vanila. Aduk rata, lalu dinginkan.
- Membuat Cream:
Kocok whipping cream hingga kaku. Masukkan gula halus dan ekstrak vanila secara bertahap sambil terus dikocok. 
- Proses akhir: Siapkan shortcake di atas nampan, oleskan cream, hias dengan potongan buah strawberry segar, lalu siram dengan sirup di atasnya. 

Baca juga: Resep membuat kue keju Jepang yang lembut

 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024