Istanbul (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Turki pada Rabu mengecam pembunuhan "keji" terhadap kepala biro politik kelompok perlawanan Hamas, Ismail Haniyeh.

"Kami menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Palestina yang telah mengorbankan ratusan ribu martir seperti Haniyeh agar dapat hidup damai di tanah air mereka, di bawah atap negara mereka sendiri," kata pernyataan Kemenlu Turki.

Pembunuhan Haniyeh sekali lagi menunjukkan bahwa pemerintah Israel yang dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu tidak memiliki niat untuk mencapai perdamaian, kata pernyataan itu.

Kementerian tersebut juga memperingatkan bahwa kawasan Timur Tengah akan menghadapi konflik yang lebih besar jika masyarakat internasional tidak mengambil tindakan untuk menghentikan Israel.

"Turki akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina," tambah pernyataan itu.

Menurut Kemenlu Turki, pembunuhan Haniyeh ditujukan untuk memperluas konflik di luar Gaza ke skala regional.

Kelompok perlawanan Palestina, Hamas, mengumumkan pada Rabu pagi bahwa Ismail Haniyeh tewas dalam serangan udara Israel yang menargetkan kediamannya di ibu kota Iran, Teheran.

Televisi pemerintah Iran juga melaporkan kematian Haniyeh, dan mencatat bahwa penyelidikan terhadap pembunuhan tersebut sedang dilakukan, dan hasilnya akan diumumkan segera.

Sumber: Anadolu-OANA

Baca juga: Petinggi Hamas Ismail Haniyeh meninggal dalam serangan Israel di Iran

Baca juga: Laporan: Penyelidikan atas pembunuhan Ismail Haniyeh sedang dilakukan

Penerjemah: Katriana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024