Jakarta (ANTARA) - Jajaran TNI AU memperkuat kerja sama di bidang teknologi informasi dengan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dengan cara melakukan kunjungan ke kantornya di kawasan Bekasi, Jawa Barat, Selasa (30/7).

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu, KSAU beserta jajaran TNI AU melihat beberapa teknologi milik PT. PSN di antaranya Stasiun Bumi Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1 , ruang Network Monitoring Center (NMC) PSN, ruang Satellite Control Center (SCC) SATRIA-1 dan Network Operations Center (NOC) SATRIA-1.

KSAU pun mengaku terkesan dengan kemajuan teknologi satelit yang telah dicapai PT PSN yang dipimpin oleh Adi Rahman Adiwoso selaku direktur.

KSAU berharap kerja sama TNI AU dan PT PSN dapat berjalan dengan baik sehingga dapat memudahkan TNI AU mengemban tugas menjaga pertahanan udara Indonesia.

Baca juga: KSAU pastikan TNI AU halau setiap ancaman di ruang udara IKN

Baca juga: KSAU pastikan semua pergerakan pesawat di wilayah RI terpantau radar


Sebelumnya, KSAU sudah menandatangani nota kerja kesepahaman dengan Direktur Utama PT PSN Adi Rahman Adiwoso di VVIP Room Pandawa, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (3/6).

"Penandatanganan ini merupakan landasan penting antara TNI AU dengan PT. PSN untuk menciptakan koordinasi dan sinergi yang optimal antara kedua institusi," kata Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, seperti dikutip siaran pers resmi TNI AU.

Tony menjelaskan kerja sama ini membuka kesempatan bagi TNI AU untuk mengembangkan teknologi keantariksaan, pemanfaatan satelit Indonesia dan kerja sama penguatan kemampuan sumber daya manusia pada bidang keantariksaan.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024