Jakarta (ANTARA) - Anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Masa Jabatan 2024–2029 Elwi Danil mengatakan bahwa hasil jawaban tes tertulis akan diperiksa dan dinilai oleh proofreader (korektor) yang berasal dari kalangan akademisi.

“Hasil jawaban tes tertulis ini akan diperiksa dan dinilai oleh proofreader yang ditunjuk oleh panitia seleksi. Mereka semua berasal dari kalangan akademisi dan mereka adalah orang-orang yang ahli di bidangnya,” kata Elwi di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu.

Ia pun menjelaskan, tes tertulis calon pimpinan KPK berisi total sembilan pertanyaan yang terdiri dari empat pertanyaan wajib dan dua pertanyaan pilihan, sehingga peserta tes setidaknya menjawab enam pertanyaan.

“Masing-masing pertanyaan punya bobot dan keenamnya itu memiliki bobot 100 tentunya,” kata Elwi.

Tes tertulis calon pimpinan lembaga antirasuah itu dilaksanakan selama dua jam, yakni dari pukul 09.00–11.00 WIB. Total peserta yang hadir pada tes tertulis itu ialah 229 orang, sementara tujuh orang yang tidak hadir dipastikan gugur.

"Dari 236 peserta tes tertulis calon pimpinan KPK, yang hadir mengikuti tes adalah sebanyak 229 orang," ucap Elwi.

Komposisi peserta tes tertulis calon pimpinan KPK yang hadir berdasarkan jenis kelamin ialah 214 laki-laki dan 15 perempuan. Adapun, tujuh peserta yang tidak hadir seluruhnya laki-laki.

“Yang tidak hadir itu dinyatakan gugur. Tidak ada (menyampaikan alasan) dan mereka sudah tahu bahwa kalau mereka tidak hadir, otomatis mereka gugur,” kata Elwi.

Di hari yang sama, akan dilaksanakan pula tes tertulis bagi calon dewan pengawas KPK pada pukul 14.00–16.00 WIB.

Lebih lanjut, Alwi mengatakan, nama-nama peserta yang dinyatakan lulus tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2024 melalui laman resmi Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id) dan laman Komisi Pemberantasan Korupsi (www.kpk.go.id).

“Mereka yang dinyatakan lulus pada tes tertulis ini nanti akan dilakukan profil asesmen,” imbuh Elwi.

Di samping itu, pansel mengharapkan tanggapan dari masyarakat terhadap nama-nama peserta seleksi calon pimpinan dan dewan pengawas KPK masa jabatan tahun 2024–2029.

Tanggapan masyarakat dapat disampaikan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi hingga tanggal 24 Agustus 2024, melalui laman Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (APEL), yakni (https://apel.setneg.go.id) atau melalui email ke pansel.capim.kpk@setneg.go.id dan pansel.cadewas.kpk@setneg.go.id.

Baca juga: Pansel: 229 capim KPK hadir tes tertulis, 7 tak hadir dipastikan gugur

Baca juga: Pakar dorong Pansel KPK prioritaskan peserta perempuan

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024