Moskow (ANTARA) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyatakan harapannya agar sistem pertahanan udara dari negara-negara Barat dapat mulai dikirimkan ke Ukraina pada Agustus-Oktober mendatang. "Kami meningkatkan jumlah sistem Patriot dan sistem lainnya. Kami akan melanjutkan pekerjaan ini," kata Zelenskyy dalam pertemuan dengan otoritas regional pada Selasa (30/7).

Zelenskyy menyatakan harapannya agar pada Agustus, September, dan Oktober, sistem-sistem tersebut sudah tiba di Ukraina.

Pada 15 Juli, Zelenskyy mengatakan bahwa Kiev membutuhkan 25 sistem pertahanan udara Patriot untuk memastikan perlindungan penuh terhadap langit Ukraina, tanpa mengungkapkan berapa banyak sistem Patriot yang sudah dimiliki negara tersebut.

Sebelumnya pada Juli, juru bicara Pentagon mengatakan kepada Sputnik bahwa Amerika Serikat akan menyediakan satu sistem Patriot lama senilai sekitar 100 juta dolar AS (sekitar Rp1,6 triliun) kepada Kiev.

Presiden Rumania Klaus Iohannis juga berjanji untuk mengirim sistem pertahanan udara Patriot ke Ukraina dalam perjanjian kerja sama keamanan selama 10 tahun antara Rumania dan Ukraina yang ditandatangani di sela-sela KTT NATO di Washington beberapa waktu yang lalu.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: Cegah transit minyak Rusia, Ukraina dituduh Hongaria lakukan pemerasan
Baca juga: Ukraina, Barat ragukan dampak F-16 akan ubah situasi medan pertempuran

Penerjemah: Primayanti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024