Jakarta (ANTARA) - Pada 17 Agustus masyarakat Indonesia selalu antusias untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Berbagai tradisi dan acara dibuat untuk menunjukkan rasa semangat dan kebanggaan atas kemerdekaan bangsa.

Salah satu kegiatan yang kerap diadakan adalah karnaval kostum. Berikut adalah ide-ide kostum untuk karnaval yang simpel dan mudah namun tetap menarik untuk memeriahkan acara 17 Agustus:

Tema batik Indonesia

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui oleh dunia. Anda bisa memilih baju batik yang dipadukan dengan celana atau rok polos atau menggunakan kain batik yang dipadu padankan dengan atasan kemeja polos.

Tema pakaian olahraga

Pilihan kostum dengan tema olahraga akan sangat mudah Anda aplikasikan. Anda bisa mengenakan jersei atlet nasional, jersei pemain sepak bola, bulu tangkis, bola basket, bola voli, hingga pencak silat.

Dengan mengenakan seragam olahraga ini, masyarakat turut mempromosikan berbagai cabang olahraga yang menjadi kebanggaan Indonesia.

Tema pakaian adat daerah

Tema pakaian adat daerah sudah tidak asing lagi sebagai ciri khas kostum karnaval 17 Agustusan. Dengan mengenakan pakaian adat, kita tidak hanya menunjukkan kebanggaan terhadap identitas daerah kita, tetapi juga menghormati dan melestarikan tradisi yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita. Pakaian adat juga sangat mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang bervariasi.

Tema warna bendera merah putih

Tema warna bendera Merah Putih tidak pernah lekang oleh waktu dan selalu identik dengan perayaan Hari Kemerdekaan. Warna merah yang melambangkan keberanian dan semangat juang, lalu warna putih mewakili kesucian dan kedamaian selalu menjadi kostum yang tepat untuk merayakan hari kemerdekaan.

Tema penari Bali

Salah satu pilihan kostum yang menarik lainnya adalah mengenakan pakaian tradisional penari Bali. Anda bisa memilih kebaya Bali yang dipadukan dengan kain kemben dan selendang, lengkap dengan aksesoris bunga kamboja.

Dengan mengenakan kostum penari Bali ini, masyarakat turut mempromosikan kekayaan budaya dan seni tari yang menjadi kebanggaan Indonesia.

Tema petani

Salah satu pilihan kostum yang simpel dan mudah ditemukan adalah mengenakan pakaian tradisional petani. Anda bisa memilih baju kerja sederhana yang dipadukan dengan celana panjang dan topi caping, serta membawa atribut seperti cangkul atau keranjang anyaman.

Tema pakaian tari saman

Tari Saman menjadi salah satu tarian tradisional paling dikenal di Indonesia, Tari Saman merupakan tarian yang aslinya berasal dari dataran tinggi Gayo. Pakaian tari Saman memiliki warna dan corak yang unik dan mencolok.

Dengan berbagai ide kostum yang sederhana namun menarik ini, Anda dapat merayakan Hari Kemerdekaan dengan penuh kebanggaan dan juga kreativitas.

Baca juga: 20 ide hadiah lomba 17 Agustus yang murah dan menarik

Baca juga: Makna tema dan logo HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

Baca juga: Rekomendasi 10 poster untuk rayakan HUT RI

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024