Jakarta (ANTARA) - Setelah jeda musim panas, rangkaian musim 2024 untuk Kejuaraan Dunia MotoGP kembali bergulir di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 2-4 Agustus.

Ini merupakan ke-14 kalinya Grand Prix Inggris digelar di Silverstone sejak Kejuaraan Dunia MotoGP kembali digelar di sana pada 2010, menyusul jeda selama 23 tahun.

Grand Prix yang pertama kali digelar di Silverstone berlangsung pada 1977 dan juga merupakan balap sepeda motor pertama yang dihelat di daratan Inggris.

Sirkuit Silverstone
Panjang lintasan: 5,9 km
Jarak balapan: 118 km (20 lap)
Juara MotoGP Inggris 2023: Aleix Espargaro (Aprilia Racing)
Pole MotoGP Inggris 2023: Marco Bezzecchi (VR46)
Pemenang Sprint MotoGP Inggris 2023: Alex Marquez (Gresini Racing)

Tak hanya menandai putaran ke-10 musim ini, Grand Prix Inggris juga akan menjadi tempat perayaan hari jadi MotoGP ke-75 tahun, dengan berbagai aktivitas menarik untuk pembalap, tim, hingga penggemar yang akan memadati sirkuit ikonis tersebut, akhir pekan ini.


Baca juga: Joan Mir perpanjang kontrak dengan Honda hingga tahun 2026

Dikutip dari keterangan resmi MotoGP, sorotan utama pada perayaan mendatang adalah para pembalap musim ini akan berkompetisi dengan menggunakan desain livery bergaya retro.

Mengambil inspirasi dari setiap babak dalam sejarah unik mereka, 11 tim di grid yang di dalamnya termasuk lima pabrikan utama, masing-masing akan membalap dengan edisi spesial mereka sendiri.

Terlebih lagi, para penggemar dapat melihat masing-masing dari mereka terungkap secara langsung dalam acara khusus selama pitlane walk “Day of Champions” pada hari Kamis (1/8) pukul 14.00 waktu setempat.

Di sana, setiap sepeda motor akan diperkenalkan di pitlane di hadapan para penonton, yang semuanya dapat menyaksikan acara tersebut secara gratis jika mereka memiliki tiket paddock khusus “Day of Champions”.

Baca juga: Raul Fernandez perpanjang kontrak dengan Trackhouse hingga 2026

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024