Jakarta (ANTARA) - Perenang Duncan Scott menyanjung rekan-rekannya yang telah membawa Inggris menjuarai estafet 4x200m gaya bebas putra Olimpiade pada Rabu dini hari WIB sehingga mempertahankan medali emas yang mereka raih tiga tahun lalu dalam Olimpiade Tokyo.

Terdiri dari James Guy, Scott, Tom Dean dan Matt Richards, Inggris menyentuh garis finis dalam waktu 6 menit 59,43 detik, di depan Amerika Serikat yang meraih perak dan Australia yang harus puas dengan perunggu.

Tim yang sama memenangkan medali emas Olimpiade Tokyo, atau lebih baik dari medali perak yang mereka raih dalam Olimpiade Rio 2016.

Mereka memimpin dari awal hingga akhir lomba dengan mencatat waktu tercepat keenam sepanjang masa nomor ini.

"Kami begitu matang dengan cara kami berenang," kata Scott seperti dikutip AFP.

Baca juga: McKeon raih emas keenam setelah Australia juarai estafet gaya bebas

Amerika Serikat, yang sebelumnya menjuarai estafet 4x100m gaya bebas putra, meraih perak dengan catatan waktu 7:00.78, sementara Australia meraih perunggu dengan catatan waktu 7:01.98.

Tim Inggris memenangkan medali emas mereka tiga tahun lalu dalam Olimpiade Tokyo ketika saat itu lomba diselenggarakan tanpa penonton gara-gara pandemi Covid-19.

Dean menyatakan medali emas kali ini berbeda dengan medali emas tiga tahun lalu. Kini, di La Defense Arena, medali emas itu dimeriahkan oleh sorak-sorai penonton.

"Keluarga dan teman-teman saya ada di sana di antara kerumunan dan itu hal yang paling istimewa," kata Dean seperti dikutip AFP.


Baca juga: AS rajai estafet 100m gaya bebas putra, Caeleb Dressel terharu berat
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024