memotivasi lebih banyak perusahaan untuk mengadopsi dan menerapkan praktik-praktik yang mendukung hak-hak anak
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) memberi penghargaan perusahaan layak anak pada delapan industri di acara Anugerah Perusahaan Layak Anak (PLA) 2024.

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen yang teguh yang ditunjukkan oleh perusahaan dan sektor swasta terhadap pemenuhan hak-hak anak di Indonesia. Kami berharap penghargaan ini dapat menginspirasi lebih banyak perusahaan untuk menjadi Sahabat Anak Indonesia," kata Ketua Umum APSAI, Wida Septarina Wijayanti dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Acara yang diselenggarakan pada Senin (29/7) di Gedung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Jakarta tersebut merupakan bagian dari upaya APSAI dalam mendorong keterlibatan perusahaan dan pelaku usaha untuk mengedepankan hak-hak anak dalam praktik bisnis mereka.

Penghargaan perusahaan layak anak diberikan kepada perusahaan yang secara efektif telah menerapkan program PLA dan berhasil melewati evaluasi ketat yang dilakukan oleh dewan penilai.

"Melalui penyelenggaraan Anugerah Perusahaan Layak Anak 2024, APSAI berharap dapat terus memotivasi lebih banyak perusahaan untuk mengadopsi dan menerapkan praktik-praktik yang mendukung hak-hak anak," ucap Wida.

Baca juga: KemenPPPA minta UPTD Paser fasilitasi pendidikan-kesehatan ramah anak
Baca juga: Bintang minta swasta lebih banyak berperan dalam pemenuhan hak anak


Sementara itu, Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengemukakan, komitmen dan kontribusi dari berbagai sektor bisnis dalam mewujudkan perusahaan layak anak diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi tumbuh kembang anak-anak Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh APSAI selaku mitra pemerintah dalam menginisiasi penghargaan ini. Perusahaan yang menerima penghargaan PLA menunjukkan komitmen luar biasa terhadap masa depan anak-anak kita," tuturnya.

Ia berharap, penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi bagi perusahaan lain untuk terus memperhatikan dan mengutamakan hak-hak anak dalam setiap aspek bisnis mereka.

Delapan industri yang menerima penghargaan perusahaan layak anak tahun 2024 yakni PT Astra International, TBK; PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN); PT United Tractors, TBK; PT Sarihusada Generasi Mahardhika; PT Unilever Indonesia; PT Pacific Place Jakarta; PT Surya Prima Cipta (RSU Prima Medika); dan CV Fajar Farma (Klinik).

Baca juga: Pupuk Kaltim terima penghargaan Perusahaan Sahabat Anak
Baca juga: Cegah kekerasan anak, orang tua diminta terapkan pengasuhan layak anak
Baca juga: Kak Seto: Penetapan status KLA harus dilihat dari berbagai aspek

 

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024