Laba bersih perseroan ditopang oleh perolehan kredit bruto senilai Rp27,12 triliun pada kuartal II- 2024.
Jakarta (ANTARA) -
PT Bank JTrust Indonesia Tbk (BCIC) atau J Trust Bank mencatatkan laba bersih senilai Rp86,49 miliar pada kuartal II- 2024.

Laba bersih perseroan ditopang oleh perolehan kredit bruto senilai Rp27,12 triliun pada kuartal II- 2024, atau tumbuh 24,97 persen year on year (yoy) dibandingkan senilai Rp21,70 triliun pada periode sama tahun sebelumnya.

Direktur Utama J Trust Bank Ritsuo Fukadai dalam keterangan resmi, di Jakarta, Selasa, menjelaskan bahwa perseroan merekam dua tonggak sejarah baru pada kuartal II- 2024, yaitu berupa peningkatan kapasitas pada digital perbankan.

"Internet dan mobile banking kami hadir dengan fitur dan tampilan baru yang tentunya diperuntukkan memenuhi kebutuhan dan meningkatkan layanan kepada nasabah kami," ujar Fukadai.

Kemudian, dana pihak ketiga (DPK) perseroan meningkat 17,53 persen (yoy) menjadi senilai Rp34,36 triliun pada kuartal II- 2024, dibandingkan sebelumnya senilai Rp29,24 triliun pada periode sama tahun sebelumnya.

Fukadai mengatakan bahwa perseroan senantiasa berpegang teguh terhadap prinsip kehati-hatian, sehingga membuat rasio Non Performing Loan (NPL) pada kuartal II- 2024 stabil.
Baca juga: J Trust Bank perkuat komitmen mitigasi perubahan iklim

Adapun, NPL gross berada di level 1,20 persen dan NPL net di level 0,95 persen, dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) tercatat sebesar 12,86 persen per Juni 2024.

Lebih lanjut, pendapatan bunga perseroan tercatat Rp1,48 triliun pada kuartal II-2024, atau tumbuh 26,33 persen (yoy) dibandingkan sebelumnya senilai Rp1,17 triliun pada kuartal II-2023.

Ia melanjutkan, perseroan telah meluncurkan program simpanan Environmental, Social, and Governance (ESG) pertama yaitu TORA Green Savings pada April 2024.

"Nasabah tidak hanya mendapat ragam keuntungan dari fitur tabungannya namun otomatis bergotong royong dalam memperbaiki ekosistem mangrove di pulau Harapan, Kepulauan Seribu” ujar Fukadai.

Fukadai menjelaskan TORA Green Savings memfasilitasi nasabah yang ingin berkontribusi dalam pelestarian lingkungan, dengan menyisihkan sebesar 0,5 persen per tahun dari bunga tabungan untuk penanaman mangrove.

"Setiap Rp25.000 dari dana yang terkumpul secara kolektif akan ditanam satu pohon mangrove di area penanaman CarbonEthics di Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta," ujar Fukadai.

Selain berdampak terhadap lingkungan, katanya lagi, program simpanan ini juga memberikan bunga tabungan sebesar 3,5 persen per tahun (0,5 persen per tahun disisihkan untuk penanaman mangrove), serta bebas biaya administrasi per bulan.
Baca juga: J Trust yakin prospek bisnis ke depan seiring pertumbuhan ekonomi RI
Baca juga: J Trust tanda tangani kerja sama pembiayaan KPA proyek The BRANZ

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024