Para peserta mengaku terpesona dengan keindahan pantai yang masih alami tersebut.
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi memanfaatkan momen Healthy Cities Summit (HCS) VI 2024 di Kabupaten Sukabumi untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan sejumlah lokasi wisata andalan kepada ratusan peserta yang datang dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia.

"Pada agenda keliling kota (city tour) HCS, kami mengajak ratusan peserta ke beberapa lokasi wisata yang menjadi andalan Kabupaten Sukabumi, salah satunya Pantai Karanghawu di Kecamatan Cisolok. Para peserta mengaku terpesona dengan keindahan pantai yang masih alami tersebut," kata Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa.

Selain ke lokasi wisata yang berada di wilayah Palabuhanratu dan sekitarnya, panitia pun mengajak peserta untuk mengunjungi Pesanggrahan Tenjoresmi atau lebih dikenal Gedung Istana Presiden.

Para peserta baru mengetahui bahwa di Palabuhanratu ada Istana Presiden yang dibeli Presiden RI Soekarno, karena terpesona dengan bangunan seluas 1.500 meter persegi dan menghadap langsung ke Teluk Palabuhanratu.

Kemudian dilanjutkan ke Gedung Industri Kecil Menengah (IKM) Palabuhanratu yang merupakan tempat promosi dan penjualan berbagai produk UMKM khas Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya ke Tugu Swasti Saba Wistara (Kota Sehat) merupakan penghargaan yang diserahkan kepada kabupaten/kota yang memenuhi kriteria sehat dengan tiga tingkatan yakni Papada, Wiwerda, dan Wistara.

"Diharapkan melalui rangkaian kegiatan city tour ini akan semakin banyak wisatawan domestik yang mengetahui dunia pariwisata yang ada di Kabupaten Sukabumi, sehingga bisa meningkatkan jumlah kunjungan," ujarnya lagi.

Ade mengatakan kegiatan HCS diselenggarakan hingga Rabu (31/7), selain membahas tentang dunia kesehatan, para peserta pun masih akan mengunjungi beberapa lokasi yang ada di wilayah utara Kabupaten Sukabumi, salah satunya Gedung Dekranasda Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat.
Baca juga: Presiden Jokowi diinformasikan buka HCS 2024 di Sukabumi
Baca juga: Presiden Jokowi tak jadi hadir di Sukabumi karena sedang di IKN

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024