Jakarta (ANTARA) - Timnas Mesir U-23 menciptakan kejutan dengan berhasil memuncaki Grup C Olimpiade Paris 2024, sekaligus lolos ke perempat final seusai menekuk Spanyol dengan skor 2-1 di Stadion Bordeaux, Bordeaux Selasa.

Pada pertandingan ini kemenangan Mesir hadir berkat dua gol yang dicetak oleh penyerang Ibrahim Adel, sementara Spanyol sempat memperkecil ketertinggalannya lewat Samu Omorodion, demikian catatan Olimpiade.

Hasil ini membuat Mesir berada di peringkat pertama klasemen akhir Grup C dengan torehan tujuh poin dari tiga pertandingan, sedangkan Spanyol berada di posisi kedua dengan enam poin.

Pada babak pertama, Mesir berupaya memberikan ancaman terlebih dahulu dan mampu menciptakan peluang pada menit ke-14 melalui tendangan Ibrahim Adel yang masih dapat dihalau lini pertahanan Spanyol.

Spanyol berbalik memberikan ancaman lewat tendangan dari Marc Pubill dari luar kotak penalti, akan tetapi bola masih membentur tiang kiri gawang Mesir.

Jual beli serangan terus terjadi dan selanjutnya Mesir memberikan ancaman lewat tendangan yang dilepaskan Ahmed Kouka yang dapat dihalau kiper Spanyol Alejandro Iturbe.

Mesir akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 40 setelah umpan dari Zizo dapat dikonversikan menjadi gol oleh Ibrahim Adel sehingga skor berubah menjadi 1-0 yang bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Mesir sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-62 setelah Ibrahim Adel dapat menyambar bola liar di area kotak penalti Spanyol sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Baca juga: Klasemen Grup C Olimpiade Paris 2024: Spanyol dan Mesir teratas

Tertinggal dua gol, Spanyol berupaya untuk setidaknya memperkecil ketertinggalan, salah satunya lewat sundulan Sergio Camello yang masih melambung tipis di atas mistar gawang Mesir.

Sergio Camello kembali menciptakan peluang setelah menerima umpan sepak pojok Sergio Gomez, namun tendangannya dapat diselamatkan kiper Mesir Hamza Alaa.

Spanyol akhirnya mampu memperkecil defisit menjadi 1-2 pada menit 90 melalui gol Samu Omorodion yang memanfaatkan umpan lambung Sergio Camello.

Pada sisa waktu pertandingan, Spanyol terus berupaya untuk menyamakan kedudukan, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 untuk kemenangan Mesir tetap bertahan.

Selanjutnya pada babak perempat final Olimpiade Paris 2024 cabang olahraga sepak bola putra, Mesir akan menghadapi runner-up Grup D, Sabtu (3/8) pukul 00.00 WIB, sedangkan Spanyol berjumpa juara Grup D, Jumat (2/8) pukul 22.00 WIB.

Baca juga: Spanyol pastikan tempat perempat final Olimpiade Paris 2024

Uzbekistan berbagi angka dengan Republik Dominika

Sementara itu pada pertandingan lainnya di Grup C, Uzbekistan mendapatkan poin perdana mereka di Grup C Olimpiade Paris 2024 setelah menahan imbang Republik Dominika 1-1.

Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Parc des Princes, Paris, Selasa, Republik Dominika dapat unggul terlebih dahulu lewat eksekusi penalti Rafael Nunez, namun Uzbekistan dapat menyamakan kedudukan melalui Alisher Odilov.

Hasil imbang ini membuat Uzbekistan tetap berada di posisi juru kunci Grup C Olimpiade Paris 2024 cabang olahraga sepak bola putra dengan torehan satu poin dari tiga laga, sedangkan Republik Dominika berada di peringkat ketiga dengan dua poin.

Berikut klasemen akhir Grup C Olimipiade Paris 2024 cabang olahraga sepak bola putra:
 
No Negara Main SG Poin
1 Mesir 3 2 7
2 Spanyol 3 2 6
3 Republik Dominika 3 -2 2
4 Uzbekistan 3 -2 1

Baca juga: Spanyol awali Olimpiade 2024 dengan kemenangan 2-1 atas Uzbeksitan

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024