Banjarmasin (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) se-Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar pertemuan Forum Social Media Response Team (SMRT) guna menyamakan persepsi dalam menyajikan informasi yang transparan bagi masyarakat.

“Forum SMRT kita gelar untuk memberikan wawasan kepada lingkungan transportasi perhubungan laut se-Kalsel yang berkaitan dengan kehumasan, pengelolaan sosial media, agar tersaji berita yang transparan dan akurat yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Kabag Tata Usaha Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin Slamet Budi Hartono pada kegiatan Forum SMRT Ditjen Hubla se-Kalsel di Banjarmasin, Selasa.

Dia menyebutkan forum ini dilaksanakan sebagai upaya mempererat koordinasi, melibatkan Forum SMRT se-Kalsel yang terdiri atas KSOP Banjarmasin, KSOP Batulicin, KSOP Kintap, KSOP Satui, dan Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin.

“Kemenhub menugaskan UPT Ditjen Hubla se-Indonesia untuk menyebarluaskan pemberitaan positif melalui media sosial lembaga serta dukungan media massa. Karena media memiliki pengaruh besar untuk menyebarluaskan informasi bagi masyarakat,” ujar dia.

Baca juga: Kemenhub terapkan layanan digital di 264 pelabuhan se-Indonesia

Selain itu, kata dia, Forum SMRT melibatkan asosiasi dan perusahaan pelayaran, mulai dari Pelindo, Bea dan Cukai, Kesehatan Pelabuhan, Karantina, termasuk perusahaan kapal swasta di wilayah Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Budi berharap, melalui forum ini tercipta hubungan yang erat antara pemerintah dan pihak swasta untuk memberikan berita positif yang membangun kemajuan masyarakat.

Ketua Pelaksana Forum SMRT se-Kalsel Deni Hendra Mulyadi mengatakan dalam upaya menyajikan pemberitaan positif di lingkungan UPT Ditjen Hubla se-Kalsel, pihaknya menghadirkan tiga narasumber profesional untuk memberikan paparan dalam meningkatkan wawasan kehumasan internal lembaga dan perusahaan di lingkungan pelabuhan.

Sebanyak tiga narasumber itu, kata dia, yakni Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Sekretaris Jenderal Kemenhub Budi Rahardjo, Kepala Bagian Organisasi dan Humas Ditjen Hubla Kemenhub Hary Bowo S Putro, dan Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Provinsi Kalimantan Selatan Taufik Ridwan Sodikin.

“Kita berharap melalui Forum SMRT ini, dapat tercapai kesamaan misi dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik melalui pemberitaan media massa dan media sosial untuk disajikan dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar dia.

Baca juga: Stranas PK minta otoritas pelabuhan Kalimantan jaga integritas layanan
Baca juga: Kemenhub sebut PNBP KSOP Banjarmasin capai Rp429,9 miliar selama 2023

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024