Balikpapan (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menitipkan pesan kepada Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Akmal Malik untuk menyukseskan pelaksanaan upacara HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara ( IKN).

"Pak Presiden titip pesan agar bersama kita sukseskan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN," kata Akmal Malik setelah mengantar keberangkatan Presiden Joko Widodo di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Selasa.

Setelah menerima pesan tersebut, dia menyatakan kesiapan untuk menyukseskan pelaksanaan HUT RI secara nasional yang pertama kali di luar Jakarta tersebut kepada Presiden Jokowi.

"Dan saya sampaikan ke Bapak Presiden bahwa Kaltim siap," tegas Akmal Malik.

Diketahui, Presiden Jokowi tiba di Kaltim pada Ahad (28/7/2024) dan langsung berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (29/7) hingga Selasa (30/7).

Selain mendengarkan laporan Menteri PUPR yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimoeljono terkait kemajuan pembangunan ibu kota baru, Presiden Joko Widodo juga menerima sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni.

Presiden Joko Widodo secara khusus juga mengundang Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Wali Kota Samarinda Andi Harun dan Pj Bupati PPU Makmur Marbun.

Bersama para influencer seperti Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Gading Marten, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Ferry Maryadi dan lainnya, Presiden Joko Widodo juga melakukan peninjauan sejumlah proyek IKN dan meresmikan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Presiden juga sempat mengecek kesiapan rencana penyelenggaraan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga mengingatkan agar partisipasi masyarakat ditingkatkan dalam proses pembangunan IKN. Presiden tidak ingin masyarakat lokal justru terpinggirkan dengan kehadiran IKN.

Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden Jokowi juga sempat mengundang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kaltim. Jokowi minta agar para pengusaha lokal tidak ragu untuk ikut berinvestasi di IKN dan sekitarnya.
***2***

Pewarta: Arumanto
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024