Jakarta (ANTARA) - Seserahan pernikahan adalah salah satu tradisi penting dalam pernikahan. Meski memiliki variasi sesuai adat dan budaya keluarga, seserahan secara umum merujuk pada pemberian atau hantaran dari pihak pengantin pria kepada pengantin wanita.

Seserahan ini bukan sekadar pemberian barang-barang saja, tetapi juga sebagai makna dan harapan baik akan kehidupan rumah tangga yang akan dijalani oleh pasangan.

Lebih dari sekadar pemberian materi, seserahan melambangkan tanggung jawab, komitmen, dan harapan yang diberikan pada kedua mempelai untuk memulai kehidupan keluarga baru bersama.

Makna lain dari seserahan pernikahan merupakan tanda syukur dan kebahagiaan dari dua orang yang akan bersatu menjadi pasangan suami istri. Hal ini juga menjadi tanda kasih sayang dan komitmen calon suami yang akan memenuhi kebutuhan calon istri setelah menikah.

Jumlah seserahan dan memilih barang yang dibawa bisa sangat bervariasi dan disesuaikan dengan kemampuan. Namun, mayoritas calon pengantin kini memilih saling berdiskusi dalam penentuan seserahan agar kedua belah pihak dapat saling menerima.

Setiap barang dalam seserahan biasanya memiliki masing-masing makna. Jenis dan jumlah barang dalam seserahan dapat berbeda tergantung pada tradisi dan kebutuhan pengantin. Berikut adalah beberapa barang yang biasa dirangkai menjadi seserahan pernikahan.

1. Peralatan ibadah

Barang bisa berupa Al-Quran, mukena, sajadah, atau perlengkapan ibadah lainnya. Peralatan ini melambangkan harapan agar pasangan selalu menjalankan ibadah dan mendapatkan berkah dalam rumah tangga mereka.

2. Pakaian dan aksesoris

Barang pakaian, seperti kerudung, pakaian tidur, pakaian dalam, atau pakaian kerja, serta aksesoris seperti tas, sepatu, atau perhiasan yang menunjukkan kesiapan mempelai pria untuk memenuhi kebutuhan istri dalam hal sandang.

3. Kosmetik dan perawatan diri

Barang- barang seperti parfum, makeup, skincare, atau peralatan mandi menunjukkan perhatian terhadap kebersihan dan penampilan istri.

4. Makanan tradisional

Berbagai jenis kue dan makanan tradisional seringkali menjadi bagian dari seserahan, sebagai simbol harapan akan kehidupan yang manis dan bahagia.

5. Buah-buahan

Buah-buahan juga dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran. Biasanya buah-buahan akan dihias dengan keranjang buah atau pita yang cantik. Proses penyerahan seserahan biasanya dilakukan saat acara lamaran atau sebelum akad nikah. Dalam banyak tradisi, seserahan biasa dibawa oleh keluarga dan kerabat mempelai pria untuk mempelai wanita.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024