Sekarang, salah satu pekerjaan rumah besar kita bagaimana kita bisa berupaya untuk melakukannya, karena ini tahapan yang tentunya tidak mudah
Jakarta (ANTARA) - Anggota Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR Dyah Roro Esti mengatakan, kesepakatan Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) mendorong berbagai negara untuk menerapkan solusi mengatasi perubahan iklim.

“Sekarang, salah satu pekerjaan rumah besar kita bagaimana kita bisa berupaya untuk melakukannya, karena ini tahapan yang tentunya tidak mudah,” ujar Dyah Roro dalam video singkat, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube TVR Parlemen, Jakarta, Selasa.

Dyah menyinggung permasalahan berupa kenaikan muka air laut. Permasalahan tersebut, kata dia, mengakibatkan keberadaan negara-negara Kepulauan Pasifik terancam hilang karena tenggelam.

Oleh karena itu, negara-negara Kepulauan Pasifik berupaya untuk terus menyuarakan betapa pentingnya gotong royong antarnegara untuk mencari solusi yang tepat dalam rangka mengurangi dampak negatif dari perubahan iklim.

“Ini membutuhkan kolaborasi lintas sektor untuk kemudian bisa merealisasikannya,” kata Dyah Roro.

Lebih lanjut, Dyah Roro berharap berbagai kesepakatan IPPP bisa menjadi masukan bagi pemerintah di masing-masing negara untuk berkomitmen merealisasikan net zero emission.

SSalah satu poin dalam kesepakatan IPPP adalah peningkatan kerja sama dalam mengurangi dampak perubahan iklim, serta tindakan adaptasi iklim terutama untuk rehabilitasi lahan pesisir, perlindungan ekosistem laut, dan pemberdayaan masyarakat di Pasifik.

Sidang Ke-2 IPPP digelar di Jakarta pada 24-26 Juli dengan mengusung tema “Partnership for Prosperity: Fostering Regional Connectivity and Inclusive Development”.

Delegasi parlemen Pasifik yang hadir dalam forum tersebut adalah Negara Kepulauan Cook, Samoa, Kepulauan Solomon, Tonga, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Papua Nugini, Tuvalu, Kiribati, dan Republik Fiji.

Baca juga: Ketua BKSAP: Sidang Ke-2 IPPP Hasilkan 13 kesepakatan
Baca juga: BKSAP DPR: Sidang Ke-2 IPPP momentum dorong konsep ekonomi biru
Baca juga: Puan: IPPP capaian penting perkuat hubungan negara kawasan Pasifik

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024