Kami berterima kasih tahun ini kembali didukung oleh PLN apalagi dengan penggunaan energi hijau.
Makassar (ANTARA) -
PT PLN (Persero) sukses menghadirkan pasokan listrik andal dan ramah lingkungan (energi hijau) dalam kemeriahan Eight Festival and Forum atau F8 Makassar yang digelar sejak 24-28 Juli 2024.
 
Tahun ini, seluruh zona acara F8 menggunakan pasokan listrik PLN yang bersumber dari energi hijau yang ditandai dengan transaksi Renewable Energy Certificate (REC) sebanyak 145 unit oleh pihak penyelenggara.
 
Direktur Utama PT Festival 8 Indonesia Sofyan Setiawan, di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, mengapresiasi PLN yang senantiasa mendukung penyelenggaraan F8 selama tiga kali berturut-turut.
 
"Kami berterima kasih tahun ini kembali didukung oleh PLN apalagi dengan penggunaan energi hijau. Kami optimistis, kolaborasi ini dapat menjadi contoh bagi teman-teman penyelenggara kegiatan dan tentunya juga bagi semua masyarakat untuk dapat menggunakan energi hijau," ujar Sofyan pula.
 
Ia menambahkan dengan penggunaan energi ramah lingkungan akan membuat bumi semakin hijau, indah dan tentunya membuat masyarakat semakin sehat.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin menjelaskan dalam momentum F8 Makassar 2024, PLN juga menunjukkan komitmennya dalam mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 dengan mengampanyekan layanan kelistrikan yang berbasis energi hijau yaitu REC, ekosistem kendaraan listrik, PLN Mobile dan informasi menarik lainnya.
 
Para pengunjung mengikuti beragam aktivitas seperti tutorial baca meter mandiri, pembayaran listrik, transaksi PLN Mobile dan cara pembelian REC untuk memenangkan berbagai hadiah menarik dari PLN di kegiatan tersebut.
 
Andy menambahkan, PLN tidak hanya berfokus dalam kampanye, namun juga menghadirkan listrik tanpa kedip dalam F8 Makassar 2024.
 
Demi kenyamanan masyarakat, kata Andy, pihaknya menerjunkan total 33 personel bersiaga untuk menjaga pasokan listrik selama acara.
 
"Personel kami tentunya dilengkapi dengan peralatan yang mendukung keandalan suplai listrik yang digunakan tanpa kedip," ujar Andy.
 
Andy mencatat, PLN juga menghadirkan layanan khusus dengan total daya yang digunakan 1.009 kilo Volt Ampere (kVA) yang juga dilengkapi 1 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan daya 100 kVA dan tiga Unit Gardu Bergerak (UGB) dengan total kapasitas 960 kVA.
 
"Kami juga memastikan, untuk meningkatkan kenyamanan tamu kenegaraan dan masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik, PLN juga menyiagakan infrastruktur pendukung seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)," kata Andy.
Baca juga: Penjualan tiket F8 Makassar tembus 15.000 lewat Kallafriends
Baca juga: UMKM butik lokal Sulsel tunjukkan karya di segmen fashion F8 Makassar

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024