Salatiga, Jawa Tengah (ANTARA) -- Dalam rangka mendukung upaya promosi sport tourism dan sport entertainment Jawa Tengah, Astra Property, Astra Infra, dan Sarana Pembangunan Jawa Tengah (SPJT) menyelenggarakan Resta Friendship Trail Run 2024 (RFTR 2024), Minggu, di Resta Pendopo KM 456, salah satu rest area di Tol Trans Jawa, tepatnya di ruas Semarang–Solo dan Solo–Semarang, Jawa Tengah. 

Mengusung tema “Friendship”, acara ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan sport tourism dan sport entertainment di Tanah Air, di mana kegiatan lari ini merupakan yang pertama kali dilakukan di rest area di Indonesia.

Presiden Direktur PT Astari Marga Sarana (Resta Pendopo KM 456), Michael Atmoko mengatakan, salah satu komitmen pihaknya adalah terus mendukung kegiatan positif yang membangun komunitas dan berkontribusi pada pertumbuhan infrastruktur berkelanjutan.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap tidak hanya memberikan pengalaman berlari yang menyenangkan, tetapi juga memperkuat hubungan komunitas dan mengangkat potensi wisata lokal, sekaligus mendukung UMKM dan masyarakat sekitar Resta," ujarnya.

Acara yang mencerminkan semangat persahabatan dan petualangan ini dimulai dari Resta Pendopo KM 456 yang mengintegrasikan konsep 5P (Pray, Parking, Pee, Pay & Play) yang saat ini belum banyak diadaptasi oleh rest area lain, dengan pemandangan menakjubkan menyusuri sawah-sawah, hutan karet, dan pedesaan dari rute Dusun Tembelang, Dusun Kalangan, Dusun Baok, Dusun Karang, Dusun Ujung-Ujung, dan Dusun Brangkongan di Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang.

Acara ini diikuti oleh 370 peserta dari berbagai kota seperti Semarang, Solo, Jogja, Jakarta, Bandung, dan lainnya. Peserta berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari komunitas, pelari profesional, hingga pemula yang tertarik dengan pengalaman dan petualangan dengan pemandangan yang ditawarkan. Resta FTR 2024 juga mencatat peserta lari termuda yakni anak-anak usia sekolah dasar yang juga turut berpartisipasi.

Warga sekitar rute lari terlibat aktif dalam persiapan rute, penampilan kesenian daerah, dan penyediaan konsumsi untuk peserta, sehingga turut memberdayakan dan mempromosikan potensi lokal.
Salah satu peserta kategori 10K dari Komunitas Salatiga Running Buddies, Eliana Marizka yang juga kerap mengikuti acara trail run, menyampaikan bahwa acara Resta FTR 2024 memberikan warna baru di Salatiga karena untuk pertama kalinya diadakan dengan rute yang seru dan variatif, melewati sawah hingga hutan pinus.

Keberhasilan acara ini tidak lepas dari dukungan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk Astra Infra, Astra Property, United Tractors, RBT, Trans Marga Jateng, Marga Lingkar Jakarta, Arsa, Mayora, Hydro Coco, Fitbar, Manzone, Puma, Salezone, Pringsewu, Ecocare, dan lainnya. Dengan semangat persahabatan dan dukungan kolaboratif, Resta Friendship Trail Run 2024 menjadi momen berharga bagi semua peserta dan masyarakat sekitar, serta memajukan sport tourism di Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024