Jakarta (ANTARA) - Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus menjadi momentum yang dinantikan masyarakat.

Selain upacara peringatan, momentum 17 Agustus biasanya diramaikan masyarakat dengan menggelar perlombaan hingga karnaval.

Salah satu keunikan karnaval yaitu setiap peserta diharuskan untuk mengenakan kostum sesuai tema yang telah ditentukan.

Tema karnaval biasanya disesuaikan dengan keinginan individu atau ditentukan secara kelompok agar terlihat kompak.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan referensi untuk tema karnaval 17 Agustus, berikut ini terdapat 6 tema kreatif dan unik untuk karnaval.

​​​​​​1. Kebudayaan Indonesia

Indonesia memiliki keragaman budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu tujuan dapat menjadi salah satu referensi tema karnaval 17 Agustus.

Dengan mengangkat tema ini masyarakat dapat memperkenalkan kebudayaan Indonesia yang beragam.

Atribut yang dapat anda tampilkan seperti menggunakan baju daerah, memperkenalkan alat musik tradisional hingga tarian daerah.

2. Profesi

Tema karnaval ini biasanya menjadi kebanggaan setiap peserta yang berkesempatan untuk menggunakan kostum dari berbagai profesi yang ada di Indonesia.

Bukan hanya mudah untuk didapatkan saja tetapi hal ini sebagai bentuk menghargai dan menghormati setiap profesi. Atribut yang dapat anda tampilkan seperti menggunakan seragam PNS, polisi, tentara, guru, perawat, dokter dan lain sebagainya.

3. Pahlawan nasional

Tema ini bisa diterapkan dalam karnaval 17 Agustus untuk terus mengingat jasa dan perjuangan para pahlawan nasional.

Atribut yang dapat Anda tampilkan dengan meniru tokoh pahlawan terkenal misalnya Soekarno, Mohammad Hatta, dan RA Kartini.

4. Daur ulang

Tema karnaval daur ulang ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat melalui sampah plastik yang dapat di daur ulang seperti botol bekas, tutup botol, kemasan minyak sayur dan lain sebagainya.

Dari bahan daur ulang tersebut dapat dibentuk menjadi pakaian dan aksesoris menarik lainnya. Tema ini sekaligus menjadi ajang edukasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

5. Tokoh pewayangan

Wayang telah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO dan tema ini bisa menjadi salah satu pilihan karnaval 17 Agustus dengan semangat pelestarian. Hal ini sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda bangsa akan keunikannya.

Atribut yang anda gunakan yaitu menggunakan tokoh kostum wayang seperti tokoh Rahwana, Arjuna, atau Bima.

6. Merah putih

Tema karnaval 17 Agustus ini menjadi salah satu yang memudahkan peserta, karena tak sulit untuk mendapatkan kostum beratribut merah putih.

Tema ini juga mewakili warna bendera kebangsaan Indonesia, sehingga peserta tinggal memadupadankan aksen merah dan putih di kostum mereka.

Baca juga: 15 ide lomba 17 Agustus lucu dan menarik
Baca juga: Makna tema dan logo HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024