Program balai ternak merupakan program pemberdayaan ekonomi mustahik dalam sektor peternakan dengan memberikan bantuan hewan domba
Batang (ANTARA) - Badan Amil Zakat (Baznas) meluncurkan program pemberdayaan ekonomi mustahik (penerima zakat) melalui program balai ternak di Sekolah Menengah Kejuruan Peternakan Lembah Hijau Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Wakil Ketua Baznas Mokhamad Mahdum di Batang, Selasa, mengatakan bahwa balai ternak ini memadukan konsep pembibitan dan penggemukan ternak dengan pemberdayaan di dalam metode pembelajaran.

"Program balai ternak merupakan program pemberdayaan ekonomi mustahik dalam sektor peternakan dengan memberikan bantuan hewan domba," katanya.

Menurut dia, pada program itu, pihaknya tidak hanya memberikan modal Rp520 juta saja namun juga pendampingan secara berkala agar menjamin kualitas ternak yang dihasilkan nanti.

Sekolah Menengah Kejuruan Peternakan Lembah Hijau, Kecamatan Reban, kata dia, mempunyai potensi bagus dalam pengelolaan mandiri secara ekonomi.

"Oleh karena itu, jika peternakan yang ada di sekolah itu sukses, pastinya ke depan dapat diberdayakan oleh masyarakat sekitar dengan meniru proses dari SMK Peternakan Lembah Hijau," katanya.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyampaikan apresiasinya kepada Baznas karena telah memilih SMK Peternakan Lembah Hijau sebagai salah satu wilayah yang mendapatkan program balai ternak.

"Hal ini pastinya akan bermanfaat bagi SMK Peternakan Lembah Hijau yang memang membutuhkan untuk memberikan pembelajaran bagi siswa-siswi dalam mengelola peternakan," katanya.

Baca juga: Baznas RI luncurkan Balai Ternak Berkah Harjo di Kulon Progo
Baca juga: Baznas RI luncurkan 50 warung Zmart untuk mustahik di Babel

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024