Jakarta (ANTARA) - Panasonic GOBEL kembali menyerahkan beasiswa kepada 21 putra putri terbaik Indonesia melalui “Panasonic Scholarship” pada Senin (29/7) di PT Panasonic Manufacturing Indonesia, Jakarta Timur.

Program yang secara konsisten telah diberikan sejak tahun 1999 ini, menjadi salah satu pilar utama dalam upaya kami mendukung pendidikan tinggi di Indonesia. Presiden Direktur PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) Masayuki Sasage mengatakan Panasonic percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk menciptakan perubahan positif di masyarakat.

Dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, Panasonic berharap dapat membuka peluang bagi pelajar untuk mengembangkan potensi maksimalnya dan berkontribusi secara signifikan bagi kemajuan Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan sumber daya manusia melalui Panasonic Scholarship. Melalui program ini, kami berharap dapat membangun jembatan antara Indonesia dan Jepang, mempererat hubungan persahabatan antara kedua negara, dan memupuk kerjasama internasional yang lebih erat. Para penerima beasiswa ini diharapkan mampu membawa nilai-nilai positif untuk kemajuan tanah air." ujar Sasage.

Sebagai informasi, Panasonic Scholarship adalah salah satu program CSR dari kelompok usaha Panasonic secara global. Program ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1988 untuk memperingati 80 tahun Panasonic Corporation di Jepang, dengan tujuan memberikan beasiswa kepada mahasiswa terbaik di kawasan Asia agar kelak dapat berkontribusi bagi bangsa dan negaranya, serta menjadi duta persahabatan antara negara mereka dengan Jepang.

Panasonic Scholarship di Indonesia telah berkontribusi pada dunia pendidikan Indonesia selama 26 tahun berturut-turut dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa sejak tahun 1999 lalu. Pada periode 1999-2013, Panasonic Scholarship Indonesia diberikan kepada 47 lulusan S1 terbaik dari berbagai universitas untuk menyelesaikan program pascasarjana (S2) di universitas terbaik Jepang.

Mulai tahun 2014 Panasonic Scholarship Corporation Jepang mengubah kebijakan dengan memberikan beasiswa bagi mahasiswa program S1 dan S2 untuk belajar di negaranya masing-masing, dan pada tahun 2019 Panasonic Scholarship Indonesia mengembangkan programnya dengan memberikan beasiswa kepada program Vokasi D3/4 (Diploma).

Dalam kurun waktu 25 tahun 1999-2023, program Panasonic Scholarship Indonesia telah memberikan beasiswa kepada 186 mahasiswa, yaitu 78 program S2 di Jepang dan Indonesia, 86 program S1, dan 22 program Diploma.

Tahun 2024 ini, Panasonic Scholarship Indonesia kembali memberikan beasiswa kepada 21 mahasiswa, terdiri dari 2 mahasiswa program S3, 3 mahasiswa program S2, 10 mahasiswa program S1, dan 6 mahasiswa program Vokasi D3/4 (Diploma) dari 7 Universitas dan 6 Politeknik. Untuk rencana kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan, 2024-2028, Panasonic akan melanjutkan program Panasonic Scholarship dan memberikan beasiswa kepada 105 (serratus lima) mahasiswa di Indonesia.

Lebih lanjut Sasage mengatakan bahwa 21 mahasiswa penerima beasiswa tahun ini adalah mahasiswa berprestasi dari universitas dan politeknik ternama di Indonesia. Panasonic ingin melihat para penerima beasiswa ini tidak hanya sukses dalam karier mereka, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya.

"Harapan kami adalah agar setiap penerima beasiswa Panasonic Scholarship menjadi agen perubahan di masyarakat. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh, kami percaya mereka akan mampu mengatasi berbagai tantangan dan membawa inovasi di berbagai bidang. Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari perjalanan mereka menuju masa depan yang cerah dan penuh harapan." tutup Sasage.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024