diharapkan itu dapat memberikan layanan yang konsultatif, hindari pungutan liar serta memberdayakan dan meningkatkan potensi sumber daya manusia hingga menjaga wilayah agar tetap aman, damai, dan kondusif
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan pembinaan terhadap Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RT/RW) dan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK)  di bidang administrasi kependudukan serta  pengamanan aset dan anggaran.
 
"Ini bagian dari monitoring evaluasi (monev) dalam merelaksasi para pengurus RT/RW dan LMK. Keberadaan mereka sebagai kaki dan tangan pemerintah diakar rumput harus disinergikan secara baik," kata Wakil Wali Kota Jaktim Iin Mutmainah saat membuka kegiatan pembinaan  di Kantor Wali Kota Jaktim, Cakung, Selasa.
 
Menurut dia pelaksanaan tugas para RT/RW dan LMK agar sesuai ketentuan yang berlaku, profesionalisme dan berkomunikasi baik dan peduli terhadap permasalahan di wilayah masing-masing dengan berkoordinasi kepada kelurahan dan kecamatan.
 
"Nah, ketentuan yang diharapkan itu dapat memberikan layanan yang konsultatif, hindari pungutan liar serta memberdayakan dan meningkatkan potensi sumber daya manusia hingga menjaga wilayah agar tetap aman, damai, dan kondusif," kata Iin.
 
Sementara itu, Ketua RW 02 Kelurahan Cilangkap Nurito mengaku senang dapat mengikuti pembinaan RT/RW dan LMK Kota Jakarta Timur karena dengan pembinaan ini dapat meningkatkan spirit dan wawasan serta kekompakan dalam setiap pengurus RT RW di wilayah.
 
"Kendala pasti ada, seperti secara fakta kondisi lingkungan mengenai layanan administrasi dan ini menjadi tantangan kita bersama dalam menjalani tugas pemangku lingkungan yang tetap profesional dan berintegritas," tuturnya.
Baca juga: Pemkot Jaktim lakukan "road show" ke sekolah antisipasi tawuran
Baca juga: Jaktim bangun saluran air di Jalan Raya Jambore atasi banjir
Baca juga: 3.000 lowongan tersedia di bursa kerja Jakarta Timur

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024