Jakarta (ANTARA) - Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-79 pada 17 Agustus 2024. Setiap tahun, peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan memiliki keunikan tersendiri.

Kementerian Sekretariat Negara secara rutin merilis logo baru untuk perayaan tersebut, masing-masing membawa tema dan makna filosofis yang berbeda, termasuk untuk perayaan tahun ini.

Logo HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun ini merupakan kolaborasi Kemensetneg, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI). Logo tahun ini ialah karya Inggrid Wenas, anggota ADGI dari Surabaya, Jawa Timur.

Tema HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Bertema "Nusantara Baru, Indonesia Maju", peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia memiliki keistimewaan tersendiri. Makna dari tema ini adalah bahwa tahun 2024, yang bertepatan dengan HUT ke-79 Kemerdekaan RI akan menjadi momen pembuka bagi beberapa transisi besar di Indonesia.

HUT ke-79 RI merupakan batu loncatan penting karena mencakup tiga transisi utama:

1. Menyongsong Ibu Kota baru

2. Pergantian kepemimpinan

3. Persiapan menuju Indonesia Emas 2045.

Identitas Visual

Identitas visual HUT RI ke-79 dirumuskan berdasarkan tema besar "Nusantara Baru, Indonesia Maju". Indonesia membutuhkan semangat baru yang besar, dengan persatuan dan kesetaraan, untuk mencapai semua tujuan. Dalam perjuangan yang baru ini, negara tetap berpegang pada nilai-nilai luhur, serta menghormati kodrat alam dan budaya.

Berlandaskan hal-hal di atas, terdapat tiga karakter visual HUT ke-79 Kemerdekaan RI yaitu:

1. Luwes dan adaptif

2. Berkaitan

3. Kokoh dan seimbang

Makna dari ketiga karakter visual tersebut mencerminkan pembangunan Indonesia yang beradaptasi dengan alam dan mempertahankan sumber daya yang ada. Bangsa Indonesia terdiri dari beragam adat yang berbeda, namun, hal tersebut tidak menyurutkan sifat persatuan, melainkan semakin mengisi kekosongan, saling melengkapi satu dengan yang lain sesuai dengan sifat gotong royong yang menjadi karakter bangsa Indonesia.

Selain itu meskipun memiliki sifat luwes dan adaptif, negara tetap memiliki pondasi yang kokoh dan pertahanan yang kuat.

Filosofi logo

Logo HUT RI ke-79 kali ini memiliki filosofi "Semangat Baru yang Kuat untuk Menyukseskan 3 Transisi Besar." yang berdasarkan pada:
  1. Persatuan merupakan hal dasar yang harus dicapai Indonesia sebagai negara kepulauan
  2. Kesetaraan menjadi salah satu tujuan negara dengan cara pembangunan Indonesia
  3. Nilai luhur Indonesia, Pancasila.

Konsep visual logo HUT RI ke-79

Logo HUT RI ke-79 dibentuk atas 7 konsep yaitu:

1. Negara kepulauan
2. Lambang negara
3. Pertumbuhan ekonomi
4. Keberlanjutan
5. Ekomomi hijau
6. Persatuan dan harapan
7. Kesetaraan

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024