Kampung Budaya Padi Pandanwangi akan  disempurnakan dengan konsep suasana perkampungan zaman dulu, .....
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dalam upaya mengembangkan objek wisata Kampung Budaya Padi Pandanwangi di Kecamatan Warungkondang, sehingga dapat menjadi obyek wisata edukasi.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Selasa, mengatakan pengembangan kampung budaya tersebut, sekaligus untuk melestarikan keberadaan padi Pandanwangi sebagai padi varietas asli Cianjur yang harus dijaga dan sudah terkenal hingga mancanegara.

"Kampung Budaya Padi Pandanwangi akan  disempurnakan dengan konsep suasana perkampungan zaman dulu, mulai bangunan rumah, proses awal menanam Padi Pandanwangi hingga akhir menjadi beras akan diolah secara tradisional," katanya.

Baca juga: Kampung Condet unggul pertahankan keaslian budaya Betawi

Keberadaan kampung budaya sekaligus sebagai obyek wisata edukasi akan ditunjang dengan permainan tradisional anak zaman dulu, sehingga keberadaannya akan membawa wisatawan yang datang ke masa lalu.

Pihaknya menargetkan pengembangan kampung budaya tersebut dapat tuntas dilakukan di awal 2025, sehingga dapat meningkatkan angka kunjungan dari berbagai kalangan dalam dan luar negeri.

"Kami sudah meminta pengembangan dilakukan secara keroyokan antardinas dan OPD terkait di Pemkab Cianjur, sehingga keberadaannya dapat menjaga kelestarian budaya Cianjur tidak sampai hilang dan generasi penerus tetap mengetahui budaya aslinya," kata Herman.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Cianjur, Asep Suparman, mengatakan pengembangan Kampung Budaya Padi Pandanwangi melibatkan sejumlah OPD terkait sehingga tidak hanya mengandalkan satu dinas dalam pengelolaan dan pengembangannya.

"Kewenangan kami hanya sebatas pengelolaan, sedangkan pemeliharaan dan pengembangan akan ditangani bersama lintas dinas seperti Dinas PUTR untuk pengembangan, Dinas Pertanian dan Peternakan terkait pemeliharaan tanaman," katanya.

Baca juga: Pemkab Bangka Barat ajak warga pertahankan tradisi "Sedekeh Kapueng"

Dia menjelaskan tahun ini akan dilakukan pengembangan Kampung Budaya Padi Pandanwangi dengan harapan dapat tuntas di awal tahun depan, sehingga pengerjaannya akan dilakukan secara keroyokan bersama dinas dan OPD terkait.

"Luas Kampung Budaya Padi Pandanwangi yang dikelola Disbudpar Cianjur sekitar 3 hektare dan lahan pertanian-nya sekitar 5 hektare yang merupakan milik pemerintah daerah, kami juga mendapat bantuan keuangan kompetitif Rp 5 miliar dari Pemprov Jabar," katanya.
 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024