Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan dan kerja sama antara Indonesia dengan Serbia dalam bidang pertahanan, ekonomi serta bidang lain yang menjadi kepentingan bersama
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Presiden Serbia Aleksandar Vučić menegaskan komitmen memperkuat kerja sama bidang pertahanan dan sektor lain yang menjadi perhatian bersama.

Prabowo lanjut melawat ke Beograd, Serbia, Senin waktu setempat, setelah berkunjung ke Prancis pekan lalu.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan dan kerja sama antara Indonesia dengan Serbia dalam bidang pertahanan, ekonomi serta bidang lain yang menjadi kepentingan bersama," kata Menhan Prabowo dalam siaran resmi Kementerian Pertahanan RI yang dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Dua pemimpin itu, sebagaimana disampaikan Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, juga membahas strategi memperluas cakupan kerja sama, dan meningkatkan hubungan persahabatan.

Dalam pertemuan yang sama, Presiden Vučić menyampaikan Serbia ingin memperkuat dialog politik dan kerja sama bidang pertahanan serta ekonomi dan bidang lain yang saling menguntungkan antara dua negara.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Indonesia atas dukungan yang konsisten terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Serbia. Dukungan Indonesia juga tercermin dalam forum ASEAN terkait permintaan Serbia untuk memperkuat hubungan politik dan kerja sama menyeluruh dengan para anggota ASEAN," kata Presiden Vučić saat menyampaikan isi pertemuannya dengan Prabowo.

Di Istana Kepresidenan Serbia, kedatangan Prabowo disambut oleh Menteri Pertahanan Serbia Bratislav Gašić.

Baca juga: Prabowo respons insiden Trump, sebut tak ada tempat untuk kekerasan

Baca juga: Menhan Prabowo melawat ke Perancis temui Presiden Macron

Baca juga: Prabowo saksikan parade Kontingen RI di pembukaan Olimpiade Paris


Dalam pertemuannya dengan Presiden Vučić, Menhan Prabowo didampingi oleh Duta Besar RI untuk Serbia M. Chandra Widya Yudha, Kuasa Usaha Ad Interim Serbia untuk Indonesia di Jakarta Marija Boskovic, dan Atase Pertahanan RI di Beograd Kolonel Inf Prayogha Erawan.

Sementara itu, Presiden Serbia, selain didampingi oleh menteri pertahanannya, juga ditemani oleh Menteri Luar Negeri Serbia Marko Djuric dalam pertemuan dengan Prabowo.

Di penghujung pertemuan, Presiden Serbia dan Menhan Prabowo bertukar cenderamata. Prabowo memberikan senjata tradisional Keris untuk Presiden Vučić.

Usai melawat ke Beograd, Menhan Prabowo pun melanjutkan perjalanan ke Ankara, Turki, Senin waktu setempat. Dia tiba di Bandara Internasional Esenboga, Ankara, sekitar pukul 17.20 waktu setempat, dan kedatangannya disambut Menhan Turki Sn. Yasar Guler, Dubes RI untuk Turki Ahmad Rizal Purnama, dan Atase Pertahanan RI untuk Turki di Ankara Kolonel Kav Mohammad Amir Ali Akbar.

Di Ankara, Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan, Menhan Turki, dan menteri luar negeri Turki.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024