Jakarta (ANTARA) - Istighfar merupakan amalan ringan untuk dilakukan sebagai pelengkap ibadah kita. Istighfar sebaiknya dilakukan secara rutin, baik dalam keadaan senang maupun susah.

Istighfar dapat dilakukan setelah sholat, sebelum tidur, atau setiap kali membutuhkan ketenangan hati. Dengan melakukan istighfar sebagai kebiasaan, kita akan merasakan ketenangan hati dan keberkahan dalam hidup.

Bacaan dan arti Istighfar
Astaghfirullah al-'azhim
Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung"

Astaghfirullahal’adzim alladzi la Ilaha Illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu Ilaihi
Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang tiada tuhan selain-Nya, Yang Maha Hidup Kekal dan Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya."

Selain memohon ampunan Allah SWT, istighfar penuh dengan keutamaan lainnya. Terdapat banyak manfaat istighfar, termasuk keyakinan bahwa manusia selalu mendapatkan bimbingan oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Pahami lafal Istigfar, arti hingga keutamaannya

Baca juga: Gus Mus minta umat Islam perbanyak istighfar


Manfaat Istighfar

1. Memperlancar rezeki
Dengan istighfar tidak hanya menenangkan hati, namun dapat memenuhi kebutuhan lain seperti rezeki berupa materi, kesehatan, keselamatan, dan lainnya. Menurut riwayat hadist, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja mengekalkan bacaan istighfar, niscaya Allah jadikan baginya sebuah jalan keluar di tengah kesempitan dan sebuah kelonggaran di tengah kesumpekan, dan Allah kucurkan rezeki kepadanya dari jalan yang ia tidak perhitungkan."

2. Menghapus dosa
Memohon dan berharap ridho Allah SWT untuk menghapus dosa dapat mengamalkan Istighfar secara rutin. Rasulullah SAW bersabda, "Allah SWT berfirman, Wahai anak Adam, sungguh selama kamu berdoa dan berharap kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuni dosa-dosamu dan Aku tidak peduli (seberapa besar dosamu)."

3. Ketenangan hati
Ketika istighfar akan merasakan kedekatan dan keyakinan kepada Allah SWT. Hal ini dapat membawa ketenangan dan kedamaian dalam hati, mengurangi rasa khawatir dan kegelisahan. Hal ini membuat pikiran lebih jernih dalam menghadapi berbagai kondisi dalam hidup.

4. Memperbaiki diri
Mengamalkan Istighfar dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik. Selalu sadar akan sikap dan perilaku yang salah terhadap sesama manusia dan Allah SWT, membuat kita tidak ingin mengulangi dan memohon ampun. Sehingga kita memiliki sikap rendah hati dan tidak sombong.

5. Kebahagiaan di dunia dan akhirat
Memperbanyak amalan dzikir istighfar merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Allah SWT akan turunkan keberkahan untuk para umat muslim yang selalu beristighfar.

Baca juga: Macam-macam istighfar yang dapat diamalkan setiap hari

Baca juga: Sayyidul Istighfar: Bacaan, arti, dan manfaatnya

Baca juga: Bacaan Istighfar berikut dengan artinya


Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024