Jakarta (ANTARA) - Istighfar, salah satu bentuk amalan penting bagi para umat muslim untuk memohon ampunan, mengingatkan nikmat yang telah didapatkan, dan rasa syukur terhadap Allah SWT. Memperbanyak Istighfar juga akan mendapatkan pahala seraya mendekatkan diri kepada-Nya.
 
Bentuk perbuatan manusia akan dipertimbangkan dalam akhirat kelak. Semua perbuatan dicatat dan diperhitungkan. Terutama manusia tidak luput dari kesalahannya sehingga memiliki dosa, maka dianjurkan untuk bertaubat.
 
Dengan melakukan Istighfar, bentuk ikhtiar untuk memperbaiki diri serta membawa ketenangan dalam hidup. Bukan hanya itu, manfaat lainnya bagi umat muslim akan mendatangkan rezeki yang melimpah, dipermudah segala urusan, dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Baca juga: Gus Mus minta umat Islam perbanyak istighfar
 
Macam-maacam Istighfar
1. Astaghfirullah
Artinya: "Aku memohon ampunan kepada Allah"
 
2. Astaghfirullah al-'azhim
Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung"
 
3. Astaghfirullahal’adzim alladzi la Ilaha Illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu Ilaihi
Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang tiada tuhan selain-Nya, Yang Maha Hidup Kekal dan Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya."
 
4. Robbanaghfirli waliwalidayya walilmukminik
Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku, kedua orangtuaku, dan seluruh kaum mukminin."
 
5. Allahumma maghfirotuka awsa'u min dzunuubii wa rohmatuka arjaa 'indii min 'amalii (3x)
Artinya: "Ya Allah, ampunanMu lebih luas dari dosa-dosaku dan rahmatMu lebih aku harapkan daripada amalku."
 
6. Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani. Wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘udzu bika min syarri ma shana‘tu. Abu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abu’u bidzanbi. Faghfirli. Fa innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta

Artinya: "Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau."

Ada berbagai macam Istighfar yang dapat diamalkan, tetapi tidak mengurangi manfaat yang didapatkan. Setiap istighfar akan membawakan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

Oleh karena itu, umat Islam dapat membaca istighfar setiap hari. Dengan istighfar dan bertaubat mengamalkan ajaran Islam, akan menjauhi dosa dan menyesali kesalahannya di masa lalu.

Baca juga: Sayyidul Istighfar: Bacaan, arti, dan manfaatnya

Baca juga: Bacaan Istighfar berikut dengan artinya

Baca juga: Pahami lafal Istigfar, arti hingga keutamaannya

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024