Jakarta (ANTARA) - Kita sering mengabaikan pentingnya berhenti sejenak di tengah kesibukan hidup untuk menenangkan hati, memohon ampun, dan mengingat kepada Sang Pencipta sambil melafalkan Istighfar ​​​​​.
 
Istighfar adalah salah satu amalan dzikir yang mudah namun penting untuk dilakukan. Berdoa memohon ampun kepada Allah SWT atau istighfar merupakan jalan menuju ketenangan hati. Telah dijelaskan dalam hadist bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda.

"Barangsiapa selalu beristighfar, niscaya Allah mengeluarkan dia dari segala kesusahan dan memberikan dan memberikan dia rezeki dari arah yang tidak diduganya”. (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah)
 
Bacaan dan arti Istighfar
Astaghfirullah al-'azhim
Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung"
 
Astaghfirullahal’adzim alladzi la Ilaha Illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu Ilaihi
Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang tiada tuhan selain-Nya, Yang Maha Hidup Kekal dan Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya."
 
Dzikir istighfar memiliki makna yang sangat dalam. Seorang muslim yang beristighfar menyadari segala dosa yang telah dimilikinya, baik yang disengaja maupun tidak disengaja.
 
Niat untuk menyadari segala dosa dan berharap ampunan Allah juga termasuk dalam istighfar. Salah satu ikhtiar untuk merendahkan diri di hadapan Allah SWT bahwa manusia merupakan makhluk yang tak sempurna dan tak luput dari kesalahan dosa.

Istighfar juga dapat menenangkan hati dan pikiran. Ketika beristighfar dapat menemukan kedamaian hati karena mendekatkan diri dan memperkuat keimanannya kepada Allah SWT. Selain itu, istighfar membersihkan hati dari perilaku buruk seperti sombong dan kikir.
 
Selain itu dengan membaca Istighfar, dengan ridho Allah SWT akan memberikan kelancaran rezeki, dimudahkan segala urusan, kebahagiaan dunia hingga akhirat, dan hal-hal baik yang mungkin tidak pernah disangka akan berdatangan.
 
Istighfar tidak terbatas pada saat kita melakukan kesalahan besar. Setiap hari, kapan saja, dimana saja dapat mengucapkan istighfar, seperti sebelum tidur, setelah menunaikan ibadah sholat, atau ketika merasa gugup. Istighfar pun dapat menjadi amalan pelengkap dalam ibadah.
 
Dengan beristighfar, sebagai umat Muslim banyak manfaat yang akan didapatkan. Kita dapat memperoleh ketenangan dan kedamaian pikiran yang luar biasa dengan kebiasaan beristighfar.
 

Baca juga: Gus Mus minta umat Islam perbanyak istighfar

Baca juga: Bacaan doa ketika melihat Ka'bah sesuai sunnah Rasulullah SAW
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024