'Green financing' merupakan strategi jangka panjang hibank untuk menciptakan dampak yang positif bagi lingkungan dan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Hibank Indonesia (hibank) mendukung pembangunan water treatment plant (WTP) yang akan menyediakan akses air bersih bagi masyarakat di daerah Bekasi, Jawa Barat, melalui program pembiayaan hijau (green financing).

Direktur Utama hibank Jenny Wiriyanto menyampaikan, pihaknya antusias dapat mendukung proyek green financing. Dalam program ini, hibank bekerja sama dengan PT Bintang Mahameru Sejahtera, PT NBF Tirta Sejahtera dan perusahaan umum daerah (perumda).

Green financing merupakan strategi jangka panjang hibank untuk menciptakan dampak yang positif bagi lingkungan dan masyarakat. Kami berharap proyek ini menjadi awal dan berkelanjutan untuk inisiatif hijau lainnya,” kata Jenny melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Perseroan menyampaikan hibank mengambil langkah nyata dalam menjalankan praktik keuangan berkelanjutan dengan menyusun Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RKAB) yang berfokus pada sustainable banking.

Selain pembiayaan proyek ramah lingkungan, anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) itu juga aktif mendukung program pemerintah dan berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca juga: Hibank dorong inklusi keuangan UMKM lewat Sarga Festival 2024

Baca juga: Pemkot Bekasi tuntaskan kompensasi aset Perumda Tirta Bhagasasi


“Penyaluran green financing yang berkelanjutan ini membuktikan bahwa hibank mendukung pemerintah menuju Net Zero Emission pada Tahun 2060 dan Indonesia Emas Tahun 2045 dimana di dalamnya menerapkan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan atau ESG,” kata Jenny.

Proyek water treatment plant dirancang untuk dapat meningkatkan kualitas air bersih dengan mengubah air kotor menjadi air bersih yang layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Melalui proses yang canggih dan ramah lingkungan, water treatment plant menggunakan teknologi terkini untuk memurnikan air sehingga dapat dipastikan air yang dihasilkan aman dan sesuai dengan standar kualitas air minum.

Direktur Utama PT Bintang Mahameru Sejahtera dan PT NBF Tirta Sejahtera Saipul Anwar mengatakan program pembiayaan green financing ini membantu perusahaan untuk mewujudkan pembangunan water treatment plant yang efisien dan berkelanjutan, serta berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Selain itu, proyek ini tidak hanya penting bagi kesehatan dan keselamatan penduduk setempat, melainkan juga berperan penting dalam konservasi sumber air dan pengurangan polusi lingkungan.

Adapun penandatanganan nota kesepakatan (Memorandum of Understanding/MoU) antara hibank serta PT Bintang Mahameru Sejahtera dan PT NBF Tirta Sejahtera untuk proyek pembangunan water treatment plant telah diselenggarakan pada Senin (29/7) di Metland Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Tirta Bhagasasi butuh Rp5 triliun tingkatkan cakupan layanan

Baca juga: Wali Kota Bekasi mengevaluasi kinerja Perumda Tirta Patriot


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024